Sobat Influencer Mau Kerja di Lebih dari Satu Tempat? Emang Bisa?
Sobat nyadar gak sih kalo sekarang tuh banyak orang yang mulai merasakan fleksibilitas kerja yang makin luas. Nah mungkin salah satu topik yang sering dibahas adalah kerja di lebih dari satu tempat. Mungkin Sobat juga penasaran, mungkin gak ya kalo kita menjalani lebih dari satu pekerjaan sekaligus tanpa merasa kewalahan? Apalagi di dunia yang makin terkoneksi ini semuanya berjalan cepat melalui media sosial, konten, dan branding.
Mending kita bahas lebih lanjut yuk!
Baca juga: IAM.id Berpartisipasi di GIFTS Expo 2024: Inovasi untuk Masa Depan
1. Mengelola Beberapa Pekerjaan dengan Fleksibilitas Digital
Pekerjaan di era digital memungkinkan banget buat kita lebih fleksibel dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Banyak profesi yang dulunya mungkin cuma bisa dikerjain di kantor kini bisa dikerjakan secara remote, bahkan dengan bekerja secara freelance. Misalnya, Sobat bisa kerja sebagai content creator untuk sebuah brand, sekaligus jadi seorang freelance marketer atau influencer yang mengelola akun media sosial. Semua itu bisa banget dilakukan dengan digital tools yang ada sekarang kan?
Pekerjaan seperti influencer marketing yang melibatkan pembuatan konten dan strategi branding di media sosial juga seringnya menawarkan fleksibilitas lebih besar. Kalo Sobat pintar ngatur waktu dan menggunakan aplikasi manajemen tugas, ngerjain dua atau lebih pekerjaan sekaligus bisa terasa lebih ringan kok!
Baca juga: Pengaruh Besar Influencer Bandung dalam Dunia Pemasaran: Meningkatkan Branding Lewat Konten yang Menggugah
2. Prioritaskan Manajemen Waktu dan Alat Kolaborasi
Poin kunci dalam bekerja di lebih dari satu tempat adalah manajemen waktu yang baik. Tanpa manajemen waktu yang teratur, Sobat bisa kewalahan apalagi kalo kerjaan yang dijalanin butuh konten yang harus diproduksi secara rutin dan ngikutin tren di media sosial.
Bekerja di Lebih dari Satu Tempat, Emang Bisa? (Sumber: Freepik)
Untungnya nih ada banyak digital tools yang bisa bantu ngatur pekerjaan biar tetap terorganisir. Aplikasi seperti Trello atau Asana bisa digunakan buat bikin jadwal yang jelas dan mengatur deadline. Sobat juga bisa manfaatin Google Calendar buat menyinkronkan berbagai jadwal pekerjaan dan rapat virtual. Makin baik Sobat mengelola waktu, makin lancer juga kerjaan yang dijalanin.
Baca juga: Marketing vs Branding: Apa Bedanya dan Mengapa Keduanya Penting?
3. Ingin Sukses dengan Branding? Lakukan dengan Konsisten!
Pekerjaan yang melibatkan branding atau influencer marketing di media sosial itu butuh konsistensi. Kalo Sobat kerja di dua tempat yang berbeda, masing- masing kerjaan pasti butuh perhatian yang berbeda pula. Maka, penting banget tetap konsisten dalam membangun branding pribadi atau brand yang sedang dikelola.
Misalnya, kalo Sobat seorang influencer yang sering posting konten untuk beberapa brand, Sobat harus mastiin tiap konten tetap sesuai dengan tone dan pesan brand. Agar tetap produktif, buat rencana konten yang mengatur kapan dan gimana Sobat akan memproduksi materi visual atau tulisan di tiap pekerjaan. Sobat juga perlu mastiin waktu istirahat dan waktu pribadi tetap terjaga biar gak burnout.
Baca juga: IAM.id Dapat Modal Prime Step untuk Meningkatkan Ekosistem Digital Indonesia
4. Kolaborasi Antar Tim dan Pekerjaan yang Berbeda
Kolaborasi tentu jadi salah satu kunci sukses saat kerja di lebih dari satu tempat, terutama kalo kerjaannya terkait influencer marketing atau bikin konten yang melibatkan banyak orang karena Sobat akan sering interaksi dengan tim dari berbagai brand atau proyek.
Di sini, tools digital seperti Slack, Google Drive, dan Zoom jadi berguna banget. Melalui aplikasi kolaborasi ini, Sobat bisa tetap berkomunikasi dengan tim secara efektif meskipun bekerja di tempat yang berbeda. Bahkan, kolaborasi jarak jauh bisa berjalan lebih lancar jika semua anggota tim tahu cara memanfaatkan teknologi yang ada.
Baca juga: 8 Ide Konten Behind the Scenes yang Bikin Audiens Makin Dekat
5. Tetap Fokus pada Kualitas, Bukan Hanya Kuantitas
Biasanya kita terjebak dalam mindset untuk bekerja lebih banyak agar mendapatkan lebih banyak hasil. Namun, kalo Sobat bekerja di lebih dari satu tempat, kualitas tetap harus jadi prioritas ya! Apalagi di dunia digital marketing atau branding, kualitas konten itu segalanya. Sebuah posting yang bagus di media sosial bisa lebih efektif daripada ratusan postingan yang asal- asalan.
Jadi, walaupun Sobat ngerjain banyak proyek, pastiin bahwa konten yang dibuat tetap menarik, relevan, dan berkualitas. Jangan sampai kualitas branding atau influencer marketing Sobat jadi turun gara- gara kebanyakan pekerjaan yang harus diselesaikan.
Baca juga: Keunggulan Virtual Influencers dalam Dunia Marketing: Low Budget dan Tanpa Drama!
6. Jangan Lupa untuk Istirahat
Kerja di lebih dari satu tempat tentu bisa sangat menyita waktu dan energi. Oleh karena itu, jangan lupa terus jaga keseimbangan antara kerja dan istirahat. Luangkan waktu untuk recharge agar tetap produktif. Ingat, tubuh yang sehat dan pikiran yang jernih akan lebih efektif dalam menjalani semua pekerjaan, baik itu influencer marketing maupun pekerjaan lainnya.
Baca juga: CEO IAM.id Berbagi Wawasan tentang The Role & Ethics of AI in The Creator Economy di Kazee Summit 2024
Terus jadi bisa gak kerja di lebih dari satu tempat? Jawabannya, bisa banget! Di dunia digital yang bikin kita makin terhubung, banyak banget peluang yang memungkinkan Sobat buat ngejalanin berbagai pekerjaan sekaligus. Kuncinya ada di manajemen waktu yang baik, konsistensi dalam branding, serta penggunaan digital tools untuk memudahkan kolaborasi dan pembuatan konten.
Kalo Sobat pinter ngatur waktu dan mengelola pekerjaan, Sobat bisa sukses dalam berbagai peran, termasuk sebagai influencer atau profesional di bidang digital marketing selama bisa menjaga kualitas dan konsistensi, kerja di lebih dari satu tempat bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Semangat bekerja!