8 Ide Konten Behind the Scenes yang Bikin Audiens Makin Dekat
Setuju gak Sobat kalo konten behind the scenes (BTS) itu bukan cuma menarik, tapi juga bikin audiens merasa lebih dekat dan terhubung dengan brand atau kreator. Memperlihatkan proses di balik layar menunjukkan sisi otentik dan transparansi yang disukai banyak orang. Bisa juga jadi strategi cerdas buat influencer marketing, memperkuat branding, dan membangun kepercayaan di media sosial. Nah, kalo Sobat IAM lagi nyari ide konten behind the scenes, simak yuk 8 ide yang bisa bikin audiens makin betah!
Baca juga:
1. Proses Pembuatan Produk
Coba tunjukin gimana produk brand dibuat, mulai dari tahap awal hingga selesai. Kalo produk dari brand berupa barang fisik, tunjukin juga proses crafting atau produksi di pabrik. Kalo brand bikin konten digital, bagikan proses brainstorming, editing, atau coding. Konten ini bisa bikin audiens menghargai kerja keras yang terlibat dalam setiap produk dan memperkuat branding di media sosial.
Baca juga: Keunggulan Virtual Influencers dalam Dunia Marketing: Low Budget dan Tanpa Drama!
2. Kantor atau Studio Tour
Ajak audiens keliling kantor atau studio dan perlihatkan tempat di mana ide- ide kreatif muncul, ruang meeting seru, atau sudut- sudut unik yang bikin tempat kerja brand beda dari yang lain. Konten ini bisa bantu audiens melihat lebih dalam tentang gimana keadaan ketika bekerja atau bikin konten, serta membangun branding digital yang otentik.
Baca juga: Mengenal Framing Effect, Biar Produk Makin Dilirik
3. Tim di Balik Layar
Perkenalkan orang- orang yang bekerja di balik layar, mulai dari tim kreatif, admin, hingga staf produksi. Audiens pasti bakal senang melihat wajah- wajah yang ada di balik konten atau produk yang mereka nikmati. Hal kayak gini juga bisa jadi momen buat nunjukin kekompakan tim yang penting buat influencer marketing dan membangun citra brand yang humanis di media sosial.
8 Ide Konten Behind the Scenes yang Bikin Audiens Makin Dekat. (Sumber: Freepik)
Baca juga: CEO IAM.id Berbagi Wawasan tentang The Role & Ethics of AI in The Creator Economy di Kazee Summit 2024
4. Gagal Itu Seru
Bagikan momen- momen bloopers atau kesalahan selama proses produksi. Entah itu kesalahan saat syuting video, typo kocak, atau tumpahan kopi di meja kerja. Audiens pasti suka konten yang relatable dan ini bisa jadi cara seru buat nunjukin sisi manusiawi brand atau kreator. Konten seperti ini bisa bikin lebih dekat dan otentik di dunia digital.
Baca juga: Buat yang Suka Visual Estetik, Simak dulu Seluk Beluk Moodboard di Media Sosial
5. Proses Kreatif
Share langkah- langkah atau metode yang dipakai buat brainstorming, menggambar sketsa, membuat draft pertama, dan sebagainya. Apakah suka bikin mood board, catatan acak di sticky notes, atau sesi brainstorming dengan musik favorit? Konten ini bisa ngasi inspirasi ke audiens yang punya minat serupa dan menguatkan branding sebagai kreator yang kreatif di media sosial.
Baca juga: Ini Dia Jenis Konten yang Wajib Ada dalam Content Strategy mu!
6. Cerita di Balik Ide
Terkadang, ide muncul dari pengalaman pribadi atau momen tak terduga. Ceritakan kisah- kisah menarik di balik terciptanya ide- ide tertentu. Misalnya produk atau konten apa yang terinspirasi dari obrolan santai di kafe atau pengalaman masa kecil. Audiens suka cerita yang bikin mereka merasa terkoneksi secara emosional, yang merupakan elemen penting dalam influencer marketing.
Baca juga: 5 Influencer Instagram Terbaik untuk Belajar Keuangan (Termasuk Raymond Chin!)
7. Persiapan Acara atau Peluncuran
Kalo Sobat lagi mempersiapkan acara besar, peluncuran produk, atau event spesial lainnya, ajak aja audiens buat ikut ngerasain persiapannya. Tunjukin detail seperti dekorasi, latihan presentasi, atau persiapan teknis di belakang panggung buat bangun antusiasme dan bikin audiens menantikan momen tersebut sekaligus ningkatin branding di dunia digital.
Baca juga: Mengapa Konten di TikTok Lebih Cepat Viral? Ini Dia Alasannya!
8. Hari di Kehidupanmu
Konten yang mirip vlog ini lebih fokus pada keseharian atau tim. Misalnya gimana rutinitas pagi di kantor, kegiatan santai pas istirahat makan siang, atau keseruan brainstorming di sore hari. Dengan begini, audiens bisa lebih memahami budaya dan kepribadian brand atau tim yang pastinya penting untuk influencer marketing dan bangun kepercayaan di media sosial.
Baca juga: 6 Top Influencer Jakarta Non- Selebriti dengan Berbagai Niche yang Mungkin Pas Buat Kamu Ikuti!
Bikin konten behind the scenes gak cuma sekadar nunjukin apa yang terjadi di belakang layar, tapi juga bangun hubungan yang lebih personal dengan audiens. Jadi, yuk coba beberapa ide di atas dan liat gimana respon positif dari followers di media sosial!