BRI memiliki banyak akun resmi di berbagai platform media sosial. Hal ini membuat BRI kesulitan untuk memantau semua akun dan menanggapi setiap post dan komentar secara efektif. Laporan terbaru dari agensi marketing We Are Social dan platform manajemen media sosial Hootsuite menunjukkan bahwa lebih dari separuh pengguna internet di Indonesia menggunakan media sosial. Hal ini berarti bahwa semakin banyak pelanggan BRI yang menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan brand. Dampak media sosial bagi brand seperti BRI, tren ini memiliki dua sisi. Pertama, pelanggan memiliki kesempatan untuk memberikan feedback tentang produk dan layanan BRI di media sosial. Feedback ini dapat membantu BRI untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka. Kedua, pelanggan yang tidak puas dengan produk atau layanan BRI dapat mengeluh di media sosial. Hal ini dapat merusak citra brand BRI.
Banyaknya channel akun resmi membuat BRI kesulitan untuk memantaunya. ORM membantu memonitor semua channel akunnya, dengan ini akan memudahkan BRI untuk menanggapi setiap post dan komentar di media sosial. BRI memiliki akses secara langsung untuk hadir di setiap percakapan yang menyebutkan brand atau kampanye mereka.
ORM membuat BRI dapat mengelola sentimen negatif dari nasabah secara cepat dan tepat sasaran. Sistem penangan ORM yang cepat memberikan BRI kekuatan untuk mengarahkan topik negatif menjadi terarah, sehingga setiap sentimen negatif dapat terbendung lebih awal sebelum.
Dengan ORM, BRI dapat memelihara citra merek online mereka. Dengan pengarahan dan strategi yang tepat, BRI membuat setiap sentimen negatif yang dilontarkan menjadi amunisi untuk memelihara dan meningkatkan citra merek. BRI juga mendapatkan insight terkait siapa yang dapat diajak kolaborasi. Mereka jadi lebih sadar akan adanya supporter dan haters.
Di dunia media sosial selalu ada saja baru yang banyak dibicarakan. Dengan ORM, BRI dapat memanfaatkan trending topik yang ada menjadi katalis kampanye mereka. BRI memanfaatkan trending topik untuk meningkatkan awareness saat moment tertentu.