Yuk Jadi Diri Sendiri dan Bagikan Daily Life dengan Autentik di Media Sosial
Kini media sosial bukan cuma tempat buat share foto atau status, tapi juga wadah mengekspresikan diri, terutama buat para influencer. Media sosial bisa jadi panggung besar buat nunjukin siapa diri kita sebenarnya. Nah, buat kamu yang mau jadi lebih autentik dan menarik di media sosial, ada beberapa tips nih yang bisa kamu ikutin biar sharing kehidupan sehari- hari jadi lebih jujur dan tetap bisa memberikan branding yang kuat. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak artikel ini!
Baca juga: Sejauh Mana AI Bisa Menciptakan Konten Influencer yang Otentik?
1. Jadilah Diri Sendiri, Tanpa Topeng!
Salah satu kunci utama dalam influencer marketing yang sukses adalah keautentikan. Gak perlu jadi orang lain atau ngikutin tren yang gak sesuai dengan kepribadianmu. Ingat, pengikutmu pasti lebih bisa merasakan apakah kamu jujur dan asli atau cuma berusaha jadi seseorang yang bukan diri kamu. Jangan takut buat nunjukin sisi “gila” atau “lucu” di dirimu, karena justru itu yang bikin kamu terlihat lebih manusiawi dan relatable.
Di dunia yang penuh dengan filter dan penyuntingan gambar, jadi diri sendiri di media sosial adalah langkah pertama buat bangun branding yang kuat. Orang akan lebih percaya dan merasa terhubung dengan kamu kalau kamu jujur dan terbuka, apalagi kalo kamu bisa berbagi kisah nyata atau pengalaman yang personal.
Baca juga: Brand dan Influencer, Jangan Terbawa Arus! Hati- hati Bikin Konten TikTok Sesuai yang Lagi Viral
2. Konten yang Membawa Nilai Positif
Share konten yang autentik bukan berarti kamu harus selalu nunjukin sisi serius atau dramatis di hidup kamu. Justru hal- hal sederhana seperti rutinitas pagi, kegiatan santai, atau cerita lucu bisa banget lho jadi bahan konten yang menarik.
Tapi ingat, konten yang kamu share harus tetap memberikan nilai positif ke audiens. Misalnya, kamu bisa berbagi cerita tentang cara jaga kesehatan mental, tips produktivitas, atau cara kamu merayakan momen kebersamaan dengan teman-teman atau keluarga. Dengan berbagi hal- hal yang bermanfaat, kamu bisa membangun kredibilitas sebagai influencer yang punya pengaruh positif, yang tentu saja bisa memperkuat digital branding kamu.
Yuk Jadi Diri Sendiri dan Bagikan Daily Life dengan Autentik di Media Sosial. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Yuk Bikin Konten Ramadhan Bareng AI Influencer IAM.id Sekarang Juga!
3. Gunakan Platform yang Tepat buat Share Daily Life
Media sosial itu banyak banget pilihannya! Instagram, TikTok, X, bahkan YouTube, semua punya audiens dan cara masing- masing untuk berbagi cerita. Pilih platform yang paling sesuai dengan gaya kamu. Misalnya, kalau suka video pendek yang seru, TikTok adalah tempat yang tepat. Kalau lebih suka berbagi foto atau cerita lebih mendalam, Instagram bisa jadi pilihan. Kuncinya adalah pilih platform yang bisa mendukung konten yang autentik dan sesuai dengan kepribadian kamu.
Platform yang tepat bikin kamu bisa lebih mudah berinteraksi dengan audiens yang sesuai dan membangun komunitas yang loyal. Media sosial yang makin berkembang juga bisa memperluas jangkauan untuk memaksimalkan potensi endorse dari brand- brand besar yang mau bekerja sama dengan kamu.
Baca juga: 8 Ide Konten Behind the Scenes yang Bikin Audiens Makin Dekat
4. Konsistensi Adalah Kunci
Keautentikan gak cukup cuma sekali dua kali ditunjukkan, ya. Agar followers tetap merasa terhubung dengan kamu, konsistensi dalam membagikan kehidupan sehari- hari juga penting banget. Kalau kamu berkomitmen buat nunjukin sisi natural kamu, baik itu lewat story harian atau vlog santai, usahakan tetap rutin melakukannya.
Para followers akan merasa lebih dekat dan lebih mengenal kamu kalau kamu konsisten share kehidupan nyata kamu. Apalagi kalau kamu udah mulai membangun konten yang bermanfaat bagi mereka, mereka akan lebih menghargai apa yang kamu lakukan dan lebih memilih untuk mengikuti kamu.
Baca juga: Tingkatkan Kualitas dan Engagement Konten Influencer, Udah Coba Gemini AI?
5. Kolaborasi dengan Brand yang Relevan
Nah, ketika kamu udah mulai mendapat perhatian dan engagement yang solid, saatnya buat endorse produk atau bekerja sama dengan brand. Tapi ingat, pilih brand yang relevan dengan gaya hidup kamu dan audiensmu. Jangan cuma tergiur angka endorsement yang besar karena hal ini bisa merusak kepercayaan followers.
Contohnya gini, kalau kamu seorang fitness enthusiast, kamu bisa kerjasama dengan brand yang menawarkan produk kesehatan atau peralatan olahraga. Ini akan lebih autentik dan sesuai dengan apa yang kamu bagikan di kehidupan sehari- hari, dan pastinya lebih diterima audiens. Kerjasama seperti ini bukan melulu soal uang, tapi juga bisa memperkuat digital brandingmu sebagai influencer yang kredibel.
Baca juga: Strategi Efisien, Cepat, dan Kreatif dari IAM.id dalam Mengoptimalkan Proses Pembuatan Konten
6. Jangan Takut Berbagi Kekurangan
Terakhir, penting banget untuk ingat bahwa jadi autentik juga berarti bisa menunjukkan sisi imperfection. Gak perlu takut menunjukkan bahwa kamu juga punya tantangan, kesulitan, atau hari yang buruk. Bahkan banyak followers yang merasa lebih terhubung ketika kamu bisa berbagi tentang hal- hal yang gak sempurna dalam hidupmu, karena ini menunjukkan bahwa kamu juga manusia biasa yang gak selalu sempurna, dan justru membuat kamu lebih relatable.
Baca juga: Apakah Manajemen Konten dan Tujuan Bisnis Brand Kamu Sudah Selaras?
Jadi diri sendiri di media sosial itu, selain berani menunjukkan sisi baikmu, tapi juga mengakui kekurangan dan berbagi pengalaman hidup yang nyata. Di dunia influencer marketing, keautentikan adalah kunci untuk bikin konten yang lebih personal dan punya dampak positif pada branding. Kalau kamu bisa membagikan kehidupan sehari- hari dengan cara yang jujur dan menarik, pengikutmu akan lebih menghargai dan terhubung dengan kamu dan pastinya akan membantu dalam membangun digital branding yang kuat.
Jadi jangan takut jadi diri sendiri dan berbagi kehidupan sehari- hari yang penuh warna. Siapa tau, keautentikan kamu justru bisa membuka lebih banyak peluang endorse yang menguntungkan di masa depan!