Apakah Manajemen Konten dan Tujuan Bisnis Brand Kamu Sudah Selaras?
Pernah denger gak Sobat katanya kalau mau mulai bisnis, mulai aja dulu. Bener juga sih, tapi sekarang dunia bisnis udah makin super kompetitif aja nih Sobat. Jadi, buat mendukung bisnis biar bisa bersaing, maka manajemen konten dan tujuan bisnis harus bisa berjalan seiring. Nah, apakah brand Sobat sudah menyelaraskan keduanya? Cari tahu yuk!
Baca juga: Mengembangkan Konten yang Menarik dalam Strategi Konten di Layanan Brand Management IAM.id
Apa Itu Manajemen Konten?
Manajemen konten merupakan proses dalam merencanakan, membuat, dan mengelola konten yang ingin dipublikasikan. Konten ini bisa dibuat dalam berbagai format konten baik itu berupa blog, video, infografis, dan masih banyak lagi.
Baca juga: Tips Kolaborasi dengan Influencer Lain untuk Membuat Konten Bersama
Kenapa Manajemen Konten Penting?
Manajemen konten mencakup banyak strategi yang membuatnya begitu penting karena dengannya sebuah brand atau akun bisa:
1. Meningkatkan Visibilitas
Konten yang berkualitas bisa membantu brand atau akun kamu muncul di pencarian Google dan menarik lebih banyak audiens dan pengunjung.
Apakah Manajemen Konten dan Tujuan Bisnis Brand Kamu Sudah Selaras? (Sumber: Unsplash)
2. Membangun Kepercayaan
Konten yang konsisten dan informatif membantu membangun kredibilitas brand atau suatu akun di mata audiens.
3. Meningkatkan Engagement
Konten yang menarik dan berkualitas tentu bisa mengundang interaksi media social yang akhirnya bisa membuat engagement brand jadi tinggi.
Baca juga: 8 Tips Meningkatkan Jangkauan dengan Berbagi Konten Viral
Mengapa Tujuan Bisnis Harus Selaras dengan Manajemen Konten?
Setiap brand pastinya punya tujuan dong tiap menjalankan strategi pemasaran bisnisnya, entah itu buat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan, atau membangun komunitas. Nah, kalo manajemen konten brand belum sejalan sama tujuan bisnis, salah- salah semua usaha yang dilakukan brand bisa jadi sia- sia. Nah biar lebih jelas, yuk simak beberapa alasan mengapa penting banget buat menyelaraskan keduanya:
1. Fokus yang Jelas
Kalo konten brand udah sejalan dengan tujuan bisnis, tim brand juga akan lebih mudah fokus tentang apa yang harus dikerjakan. Misalnya kalau brand punya tujuan meningkatkan penjualan, maka brand bisa memprioritaskan konten promosi dan testimoni konsumen.
2. Efektivitas Pemasaran
Strategi pemasaran bisa berjalan lebih efektif juga lho dengan bantuan konten yang dirancang dengan tujuan yang lebih spesifik. Brand bisa bikin konten edukatif supaya audiens luar jadi tertarik hingga bisa mengalihkan mereka ke tahap selanjutnya yang menarik konversi.
3. Mengukur Keberhasilan
Akan lebih mudah buat mengukur kinerja konten kalau brand udah tau tujuan pemasaran yang mau dicapai. Jika tujuan brand untuk meningkatkan jumlah pendaftaran, maka brand bisa mengukur keberhasilan dengan melihat berapa banyak orang yang mendaftar setelah melihat konten tertentu.
Baca juga: 8 Tips Sukses Mengelola Waktu dan Menjaga Konsistensi dalam Membuat Konten
Tips Menyelaraskan Manajemen Konten dan Tujuan Bisnis
IAM punya beberapa tips praktis nih buat memastikan manajemen konten brand jadi selaras dengan tujuan bisnis:
1. Tentukan Tujuan yang Jelas
Mulai sekarang, yuk tentukan tujuan pemasaran bisnis dengan jelas. Apakah brand-mu ingin meningkatkan penjualan, mendapatkan lebih banyak followers, atau mau membangun komunitas?
2. Buat Konten yang Relevan
Setelah itu, brand baru bisa bikin konten yang sesuai dan mendukung tujuan awal bisnis tersebut. Kalau tujuannya untuk edukasi, brand juga harus relevan misalnya dengan bikin artikel atau video yang informatif.
3. Gunakan Data untuk Mengukur Kinerja
Jangan lupa buat memanfaatkan data yang ada dan gunakan alat analisis untuk melacak kinerja konten untuk melihat mana yang berhasil dan mana yang belum.
4. Kolaborasi dengan Tim
Tim pemasaran dan konten juga jangan lupa untuk terus dilibatkan dalam proses perencanaan. Supaya semua orang bisa sejalan dan berkontribusi pada tujuan yang sama.
Baca juga: Bingung Memilih Jenis Konten yang Tepat untuk Campaign Influencer Marketing? Simak Tips Berikut!
Membuat manajemen konten dengan tujuan bisnis seiring sejalan adalah langkah penting buat mencapai hasil maksimal strategi pemasaran bagi brand. Konten yang relevan dan terencana sesuai tujuan bisa bantu brand membangun branding yang kuat dan mencapai tujuan dengan lebih efektif lagi.
So, gimana? Udah siap belum nih buat menyelaraskan manajemen konten dan tujuan bisnismu? Yuk join IAM.id sekarang dan bersiaplah jadi brand yang kuat hadapi segala tantangan!
Comments
No Comment yet