Tips Menyeimbangkan Kreativitas dan Deadline bagi Pekerja di Agency
Bekerja di agency memang penuh tantangan. Sebenarnya gak Cuma di agency sih, semua pekerjaan memang selalu ada tantangannya supaya kita terpacu buat maju. Tapi di agency seringnya deadline ketat datang bertubi- tubi, sementara ide kreatif dituntut juga harus tetap mengalir. Karena tekanan yang luar biasa ini, menjaga keseimbangan antara kreativitas dan tenggat waktu bisa jadi tantangan tambahan yang bikin tambah pusing, tapi bukan berarti mustahil ya. Nah, IAM punya beberapa tips nih yang bisa bantu kamu buat tetap produktif dan kreatif di tengah deadline yang menumpuk!
Baca juga: Work-Life Balance dalam Dunia Kerja Agency, Mitos atau Fakta?
1. Pahami Prioritas dengan Baik
Selalu mulai hari dengan memahami pekerjaan apa yang paling penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Coba deh buat daftar prioritas berdasarkan deadline dan tingkat kesulitan pekerjaan. Daftar ini bisa dimulai dari tugas yang paling butuh energi kreatif lebih besar di pagi hari waktu pikiran masih segar, jadi gak terburu- buru nanti saat udah menjelang deadline.
Baca juga: Kenali 10 Tanda Sebuah Bisnis Harus Mempertimbangkan Agency untuk Brand Management
2. Batasi Gangguan
Jangan salah, multitasking bisa jadi musuh kreativitas lho! Jadi, ketika mengerjakan proyek besar, coba matikan notifikasi dan atur jadwal buat menjawab email atau pesan yang masuk. Dedikasikan waktu khusus supaya bisa lebih fokus pada satu tugas tanpa interupsi supaya ide yang lebih segar dan inovatif bisa mudah dihasilkan.
Tips Menyeimbangkan Kreativitas dan Deadline bagi Pekerja di Agency. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Tekanan Media Sosial dan Pengaruhnya di Hidup dan Kesehatan Mental Influencer
3. Manfaatkan Time Blocking
Jaga ritme kerja dengan melakukan pembagian waktu kerja dalam blok- blok terjadwal. Seperti dengan mengalokasikan satu jam untuk brainstorming, dua jam untuk eksekusi, dan sisakan waktu untuk revisi di akhir. Time blocking seperti ini juga bisa mencegah burnout karena ada waktu jeda yang teratur dan terjadwal.
Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Agency Influencer Marketing IAM.id Bagi UMKM di Indonesia! Join Sekarang!
4. Berani Beristirahat
Ingat! Istirahat itu gak cuma soal fisik, tapi juga mental. Kalau sudah merasa buntu atau kehabisan ide, jangan ragu untuk mengambil jeda waktu sejenak. Mungkin dengan jalan- jalan sebentar atau sekedar minum kopi itu juga sudah bisa lho membantu menyegarkan pikiran dan memberi ruang bagi ide baru untuk muncul.
Baca juga: Tips bagi Influencer Lansia Agar Siap Menembus Batasan Usia di Era Digital
5. Kolaborasi adalah Kunci
Tukar pikiran dengan rekan kerja juga bagus buat merefresh pikiran. Jadi jangan takut minta feedback dari rekan kerja ya! Karena kadang pandangan baru dari orang lain bisa membuka perspektif yang berbeda dan memunculkan ide baru. Selain itu, kolaborasi juga bisa bikin pekerjaan terasa lebih ringan dan ide- ide kreatif bisa berkembang lebih cepat.
Baca juga: Ketahui 6 Keuntungan Memilih Agency Influencer Marketing Dibandingkan Influencer Individu
6. Jaga Batasan antara Perfeksionisme dan Realitas
Mengejar kesempurnaan memang penting, tapi ingat, deadline tetap harus dipenuhi. Kadang- kadang, hasil yang lumayan itu bisa lebih baik daripada sempurna tapi memakan waktu terlalu lama. Coba deh lebih realistis dengan ekspektasi dan jangan terlalu keras pada diri sendiri.
Baca juga: Peran Influencer Wanita dalam Dunia Digital Marketing
7. Gunakan Tools Pendukung
Sekarang tools digital yang bisa mempermudah pekerjaan udah banyak banget lho! Ada aplikasi manajemen proyek juga buat melacak progres atau ada juga software desain yang efisien. gak ada salahnya buat memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempercepat proses eksekusi supaya kamu punya lebih banyak waktu untuk berkreasi.
Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Kemampuan Bicara Depan Publik Sebagai Influencer
8. Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman
Lingkungan kerja yang nyaman bisa meningkatkan produktivitas. Pastikan tempat kerjamu tertata rapi, punya pencahayaan yang baik, dan jauh dari distraksi. Kalau kamu bekerja dari rumah, coba dekorasi ruangan dengan elemen yang memicu kreativitas, seperti tanaman atau karya seni.
Baca juga: 6 Cara Menghadapi Hate Comments Sebagai Influencer
9. Terima Tantangan dengan Pikiran Terbuka
Deadline yang ketat emang sering dianggap sebagai tekanan, tapi sebenarnya bisa jadi peluang juga buat memicu kreativitas. Jadi, tantang dirimu untuk bisa berpikir out of the box dan gunakan keterbatasan waktu sebagai motivasi untuk menemukan solusi yang lebih inovatif.
Baca juga: Apa Itu Cancel Culture di Dunia Influencer dan Bagaimana Menyikapinya?
10. Jaga Keseimbangan Hidup
Yang terpenting di antara semuanya adalah menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, karena kreativitas terbaik datang dari pikiran yang tenang. Jadi, jangan lupa istirahat, bergaul dengan teman, dan lakukan aktivitas menyenangkan di luar pekerjaan supaya kesehatan mental juga tetap terjaga.
Baca juga: Tips Mengelola Waktu untuk Lakukan Personal Branding di Media Sosial
Menyeimbangkan kreativitas dan deadline memang gak semudah membalik telapak tangan, tapi dengan manajemen waktu yang baik dan mindset yang positif, kamu bisa melewatinya dengan sukses. Ingat, ide-ide terbaik sering muncul saat kita punya waktu untuk berpikir dan bernapas sejenak! Semangat!