Kolaborasi dengan KOL Influencer atau Selebriti, Mana yang Lebih Efektif?
Pemasaran dengan KOL (Key Opinion Leader) influencer sekarang udah makin popular ya Sobat, bahkan ada yang bilang wajib banget sekarang pake influencer marketing tuh. Nah, ada dua pilihan yang paling sering muncul nih tiap brand mau rencana kolaborasi, mau dengan influencer atau selebriti ya? Brand biasanya bingung karena keduanya punya pengaruh besar, tapi sebenarnya mana yang lebih efektif sih buat brand Sobat? Yuk, kita bahas dulu lebih lanjut!
Baca juga: 6 Cara Memanfaatkan Strategi Influencer Marketing untuk Memasarkan Produk Baru Brand
1. Audiens: Dekatnya Influencer atau Luasnya Selebriti?
Influencer biasanya punya audiens yang lebih spesifik sesuai niche mereka, mau itu tentang fashion, kecantikan, teknologi, maupun kuliner. Kedekatan mereka dengan pengikut pastinya bikin followers jadi merasa lebih “terhubung.” Tapi di sisi lain juga ada selebriti yang punya daya tarik lebih luas karena popularitas mereka melintasi banyak platform, dari TV, media social, hingga media lain seperti billboard.
Jadi, mana ya yang lebih efektif? Kalau brand Sobat ingin mendekati audiens tertentu, influencer tentu bisa jadi yang terbaik. Tapi, kalau tujuannya untuk mencapai exposure lebih luas dalam waktu cepat, kolaborasi dengan selebriti bisa berdampak secara instan.
Baca juga: Pengaruh Anies Baswedan Lewat Personal Branding dan Kepemimpinan Inspiratif
2. Tingkat Kepercayaan: Rekomendasi dari Influencer atau Daya Tarik Selebriti?
Followers biasanya percaya dengan influencer yang mereka ikuti karena konten mereka terlihat natural dan dekat dengan kehidupan sehari- hari. Nah beda dengan selebriti yang biasanya punya pesona yang glamor walaupun terkadang endorsement mereka terkesan formal dan mirip iklan tradisional.
Kalau Sobat mau membangun kepercayaan dan pendekatan yang relatable, influencer bisa jadi pilihan yang lebih efektif. Namun, untuk menciptakan kesan “wow” dan kemewahan, selebriti mungkin lebih cocok.
Kolaborasi dengan KOL Influencer atau Selebriti, Mana yang Lebih Efektif? (Sumber: Freepik)
Baca juga: Ikuti Perjalanan Baim Wong Dari Selebriti Hingga Influencer Media Sosial
3. Anggaran: Budget Influencer yang Fleksibel vs. Harga Selebriti yang Premium
Brand tentu memikirkan budget juga kan? Selebriti biasanya mematok harga tinggi untuk kolaborasi apalagi mengingat nama besar mereka. Nah kalau influencer biasanya punya tarif yang lebih beragam, dari micro-influencer dengan biaya rendah hingga macro-influencer yang tetap lebih terjangkau dibandingkan selebriti.
Kalaupun brand punya budget terbatas, influencer bisa menawarkan pilihan yang lebih fleksibel dengan dampak yang tetap bisa dioptimalkan. Tapi kalau Sobat siap mengeluarkan anggaran besar untuk hasil instan, kolaborasi dengan selebriti mungkin sepadan.
Baca juga: Peran Influencer Wanita dalam Dunia Digital Marketing
4. Engagement: Influencer Lebih Aktif, Selebriti Lebih Cepat Viral
Influencer biasanya punya engagement rate yang lebih tinggi karena followers mereka cenderung lebih terlibat. Sedangkan selebriti ini mungkin pengikutnya lebih banyak tapi biasanya engagement rate mereka bisa lebih rendah karena audiens mereka lebih heterogen.
Jadi, kalau Sobat brand mencari campaign dengan interaksi aktif, influencer jelas yang akan memberikan engagement lebih baik. Lain hal untuk exposure dan awareness, selebriti tetap bisa jadi pilihan efektif.
Baca juga: Gali Niche Konten dari 6 Isu Menarik di 2024 untuk Menarik Gen Z
5. Durasi Efektivitas: Relasi Jangka Panjang vs. Hype Instan
Kolaborasi Bersama dengan influencer bisa menghasilkan hubungan jangka panjang dan juga bisa menciptakan kepercayaan yang konsisten. Sedangkan kolaborasi dengan selebriti lebih mirip dorongan instan yang menghasilkan hype dalam waktu singkat.
Nah kalau Sobat brand ingin membangun hubungan berkelanjutan dengan audiens, influencer adalah pilihan tepat. Tapi kalau dampak langsung yang menjadi targetnya, misalnya untuk peluncuran produk atau event besar, selebriti bisa memberi efek yang signifikan.
Baca juga: Transformasi Influencer Marketing dari Selebritis hingga Mikro-influencer
Nah dari penjabaran di atas, mana nih yang lebih efektif buat Sobat brand? Semuanya tentu kembali lagi pada tujuan dan kebutuhan Sobat brand masing- masing. Missal, kalau pengen engagement tinggi, relasi jangka panjang, dan budget yang fleksibel, Sobat brand bisa pilih influencer. Namun untuk awareness yang cepat dengan kesan glamor, selebriti bisa jadi solusi yang pas.
Apapun pilihannya, pastikan strategi brand udah sejalan dengan karakter audiens dan pesan yang mau disampaikan brand. Selamat memilih KOL terbaik buat brand dan jangan lupa join IAM.id untuk rencanain campaign yang sukses!