Cara Cerdas Bangun Citra Patriotik dengan Bantuan Influencer di Momen Agustusan
Masih momen Agustusan nih Sobat, belum terlambat dong ya buat turut serta memanfaatkan momen emas yang selalu menjadi bulan yang spesial bagi masyarakat Indonesia ini. Bukan Cuma ikut meriahkan Hari raya Kemerdekaannya ya, tapi juga karena euforia nasionalisme yang menyebar di setiap sudut negeri ini bisa jadi peluang brand untuk membangun citra patriotik dan dekat di hati masyarakat. Salah satu cara paling efektif untuk melakukannya adalah melalui kerjasama dengan influencer. Bagaimana caranya ya? Jangan khawatir, IAM.id punya tipsnya nih!
Baca juga: Simak 5 Alasan Kenapa Brand Harus Terus Mengangkat Isu Kemerdekaan
1. Pilih Influencer dengan Nilai Patriotisme
Langkah pertama yang paling penting tentu saja dengan memilih influencer yang tepat dengan tema kemerdekaan. Brand bisa mencari influencer yang gak cuma memiliki semangat patriotism tapi juga bisa menyampaikan pesan tersebut secara natural. Biasanya ada influencer yang sering bicara tentang cinta tanah air, budaya Indonesia, atau punya rekam jejak campaign yang relevan dengan nasionalisme. Pilih influencer yang tepat supaya pesan brand terasa lebih alami dan dipercaya oleh audiens.
Baca juga: Yuk Ciptakan Konten Kreatif Acara Agustusan melalui Kolaborasi dan Campaign di IAM.id
2. Campaign Nasionalisme
Gunakan momen Agustusan ini untuk meluncurkan campaign bertema nasionalisme bersama influencer. Bisa dengan mengajak influencer berbagi cerita tentang arti kemerdekaan bagi mereka atau bagaimana mereka memaknai perjuangan kemerdekaan dalam kehidupannya sehari- hari. Selain itu, bisa juga dengan bikin challenge yang mengajak audiens menunjukkan rasa cinta tanah air mereka untuk kemudian dipromosikan oleh influencer.
Baca juga: Efisiensi Kerjasama dengan IAM.id untuk Waktu Lebih Cepat, Hasil Lebih Optimal
3. Konten Kreatif dengan Nuansa Merah Putih
Rasanya kurang lengkap membangun citra patriotik tanpa melibatkan visual yang menjadi daya tarik konten. Ajak influencer agar bikin konten dengan nuansa merah putih bisa dalam berbagai bentuk konten, mau itu foto, video, atau IG stories. Mereka bisa mengenakan pakaian tradisional, photoshoot dengan bendera merah putih, atau membuat video pendek yang menunjukkan keindahan budaya Indonesia. Pastikan brand mendapatkan exposure yang jelas namun tetap relevan dengan tema.
Cara Cerdas Bangun Citra Patriotik dengan Bantuan Influencer di Momen Agustusan. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Apa Arti Kemerdekaan Menurut-mu? Yuk Gali Makna Kemerdekaan di Era Media Sosial
4. Berbagi Kisah Inspiratif dengan Influencer
Bukankah kisah inspiratif selalu jadi konten yang menyentuh hati audiens? Berkolaborasilah dengan influencer untuk berbagi kisah inspiratif tentang tokoh- tokoh nasional, perjuangan kemerdekaan, atau bahkan cerita personal yang berhubungan dengan nilai- nilai kemerdekaan. Konten seperti ini tidak hanya membangun citra brand lho, tapi juga menginspirasi audiens untuk lebih mencintai tanah air.
Baca juga: Simak 6 Inspirasi Konten Ini untuk Merayakan Kemerdekaan RI di Media Sosial
5. Promosi Spesial dengan Sentuhan Patriotisme
Dalam rangka memperkuat citra patriotik, jangan lupa tawarkan promo khusus bertema kemerdekaan. Ajak juga influencer untuk mempromosikan diskon atau penawaran khusus Agustusan yang dikemas dengan narasi cinta tanah air. Dengan bantuan influencer, pesan ini bisa tersebar lebih luas dan lebih efektif lho!
Baca juga: 4 Peran Penting Transparansi Efektif di IAM.id dalam Kesuksesan Marketing Campaign
6. Bangun Koneksi Emosional dengan Audiens
Kerjasama dengan influencer di momen ini harus bisa lebih dari sekedar promosi produk. Brand bisa memanfaatkan momen Agustusan untuk membangun koneksi emosional dengan audiens melalui ajakan untuk merenungi makna kemerdekaan, ceritakan juga bagaimana brand berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Nah, influencer bisa menjadi jembatan yang kuat untuk menyampaikan pesan ini dengan cara yang lebih personal.
Baca juga: 5 Peran Influencer yang Menginspirasi dalam Merayakan Kemerdekaan RI
7. Selaraskan dengan Nilai Brand
Pastikan bahwa semua aktivitas campaign yang dilakukan selama Agustusan tetap selaras dan serasi dengan nilai- nilai yang dianut brand. Jangan sampai semangat patriotisme yang ingin ditampilkan justru terasa dipaksakan atau tidak sesuai dengan karakter brand. Tetap jaga ketulusan dan keaslian karena hal itu adalah kunci untuk membangun citra brand yang benar- benar patriotic dan dihargai.
Baca juga: 7 Strategi Kreatif Menggunakan Influencer untuk Campaign Agustusan
Melalui influencer yang tepat, brand bisa banget memanfaatkan momen Agustusan ini untuk membangun citra patriotic yang kuat dan dekat di hati masyarakat. Namun ingat ya, yang gak kalah penting adalah bagaimana brand bisa menyampaikan pesan nasionalisme senatural dan serelevan mungkin kepada audiens. Selamat mencoba ya, siap- siap brand-mu makin dicintai oleh audiens!
Jangan lupa join IAM.id yuk!
Comments
No Comment yet