Simak 5 Alasan Kenapa Brand Harus Terus Mengangkat Isu Kemerdekaan
Peringatan hari kemerdekaan itu bukan cuma perayaan tahunan yang rame dengan lomba- lomba maupun karnaval. Tahukah Sobat? Bagi banyak brand, mengangkat isu kemerdekaan bisa jadi strategi komunikasi yang kuat dan bermakna lho! Nah, simak yuk ini dia 5 alasan mengapa terus mengangkat isu kemerdekaan ini termasuk hal yang penting dalam campaign atau komunikasi brand!
Baca juga: Apa Arti Kemerdekaan Menurut-mu? Yuk Gali Makna Kemerdekaan di Era Media Sosial
1. Menghubungkan Brand dengan Nilai- Nilai Kebangsaan
Jika brand bisa mencoba konsisten mengangkat isu kemerdekaan, maka brand tersebut sedang mencoba membuat identitasnya terikat dengan nilai- nilai kebangsaan yang juga akan meningkatkan loyalitas konsumen lokal karena mereka akan merasa brand tersebut peduli terhadap hal lain yang lebih besar dari sekedar menjual produk atau layanan. Brand yang berhasil menunjukkan patriotisme seperti ini biasanya akan lebih dihargai masyarakat.
Baca juga: Simak 6 Inspirasi Konten Ini untuk Merayakan Kemerdekaan RI di Media Sosial
2. Meningkatkan Engagement dan Keterlibatan Konsumen
Melalui tema kemerdekaan, brand bisa memanfaatkan momen untuk menciptakan campaign yang lebih engaging melalui berbagai konten karena konsumen akan lebih mudah terlibat ketika mereka merasa emosional terkait dengan tema yang diangkat. Apalagi untuk menggaet konsumen local, maka konten kemerdekaan akan lebih menarik keterlibatan.
Simak 5 Alasan Kenapa Brand Harus Terus Mengangkat Isu Kemerdekaan. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Yuk Ciptakan Konten Kreatif Acara Agustusan melalui Kolaborasi dan Campaign di IAM.id
3. Mengukuhkan Posisi Brand sebagai Bagian dari Budaya Lokal
Brand yang sering mengangkat isu kemerdekaan secara tidak langsung juga menegaskan posisinya sebagai bagian dari budaya lokal. Nah, bagi brand yang ingin mengukuhkan keberadaannya di pasar local maka hal ini penting banget lho. Dengan menunjukkan bahwa brand peduli terhadap sejarah dan identitas bangsa, konsumen akan melihat brand tersebut sebagai entitas yang relevan dan memiliki koneksi dengan budaya mereka.
Baca juga: 7 Strategi Kreatif Menggunakan Influencer untuk Campaign Agustusan
4. Menciptakan Campaign yang Lebih Kreatif dan Autentik
Dari sisi konten campaign, brand bisa menghadirkan berbagai elemen kreatif yang memanfaatkan sejarah, pahlawan, atau semangat kebangsaan. Campaign Isu kemerdekaan menawarkan beragam kesempatan untuk menonjolkan kreatifitas sehingga akan terasa lebih autentik dan personal karena menyentuh aspek kehidupan yang sangat dekat dengan masyarakat.
Baca juga: 5 Peran Influencer yang Menginspirasi dalam Merayakan Kemerdekaan RI
5. Menunjukkan Kepedulian Sosial
Semakin banyak isu social, makin banyak pula konsumen yang peduli terhadap nilai- nilai yang dipegang brand, jadi mengangkat isu kemerdekaan bisa jadi cara yang efektif untuk menunjukkan bahwa brand juga peduli terhadap isu- isu sosial. Alhasil tidak hanya citra brand yang makin kuat, tapi juga bisa menarik perhatian konsumen untuk mendukung brand yang memiliki tanggung jawab sosial.
Baca juga: 6 Tips Jitu Gunakan Hashtag Agustusan untuk Meningkatkan Engagement
Brand akan membangun koneksi emosional yang kuat dengan konsumen melalui campaign konten bertema kemerdekaan. Seharusnya ini juga bisa dijadikan strategi jangka panjang yang dapat memberikan dampak positif bagi citra brand di mata masyarakat. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan kemerdekaan sebagai bagian dari narasi brand ya!
Comments
No Comment yet