5 Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Harus Kerjasama dengan Influencer Bandung?
Bandung yang dikenal sebagai kota kreatif, gak cuma punya banyak tempat wisata, tapi juga punya ragam kuliner yang menggugah selera. Jadi gak heran deh kalau belakangan, banyak bisnis kuliner di Bandung yang melirik para influencer lokal buat mempromosikan produk mereka. Mengapa? Karena ternyata kerjasama dengan influencer kuliner Bandung punya banyak keuntungan lho buat bisnis kuliner. Cuss langsung aja kita bahas apa aja sih keuntungannya?!
Baca juga: Mengenal Jenis- Jenis Campaign untuk Kesuksesan Bisnis Kamu!
1. Dekat dengan Target Audiens
Followernya influencer Bandung itu kebanyakan adalah warga Bandung maupun orang- orang yang sering berkunjung ke kota ini. Nah jadi, kalau mereka mempromosikan produk kuliner lokal, tentu saja pesannya jadi bisa langsung sampai ke target audiens yang tepat. Hal ini penting banget dong karena bisnis kuliner biasanya lebih efektif jika dipromosikan ke orang yang memang bisa mengunjungi tempat tersebut secara langsung.
Selain itu, influencer lokal cenderung lebih dipercaya karena followersnya merasa mereka tau banget seluk beluk kota Bandung, termasuk soal tempat makan yang layak dicoba.
Baca juga: 4 Tantangan dan Peluang Brand Management untuk Bisnis Startup
2. Konten yang Natural dan Relatable
Bisnis kuliner di Bandung memang udah banyak yang menggunakan influencer local, salah satu alasannya ya karena gaya penyampaian mereka yang natural dan relatable. Konten mereka itu gak terlalu formal dan justru lebih santai, otentik, dan apa adanya sehingga membuat promosi jadi lebih natural dan gak terlalu keliatan "jualan" secara terang- terangan.
Uniknya lagi bagi seorang influencer ketika mengunggah video atau foto sedang menikmati makanan di sebuah restoran adalah bagaimana cara mereka mengajak pengikut mereka ikut ke dalam cerita, jadi gak cuma sekedar melihat makanan enak aja.
5 Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Harus Kerjasama dengan Influencer Bandung? (Sumber: Freepik)
Baca juga: Simak Yuk Bagaimana IAM.id Memantau Konten yang Tepat dan Berkualitas
3. Meningkatkan Awareness Brand Secara Cepat
Influencer Bandung biasanya juga punya engagement yang tinggi dengan followersnya lho! Cuma dengan satu konten aja, bisnis kuliner bisa aja langsung dikenal ribuan orang. Apalagi jika makin populer influencer yang digunakan, maka makin besar juga jangkauan promosinya. Jadi bisa banget buat bantu brand kuliner yang masih baru untuk menarik perhatian audiens.
Influencer juga gak jarang update Instagram Stories atau Reel buat berbagi pengalaman makan mereka secara real-time, jadi followers bisa langsung ikutin keseruan nikmatnya makan di restoran tersebut. Gak cuma itu, brand kuliner yang dipromosikan juga bisa cepat dapat perhatian dan rasa penasaran dari audiens.
Baca juga: Keutamaan Kerjasama dengan Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness
4. Meningkatkan Trust dan Kredibilitas Bisnis
Berhubung sekarang orang lebih percaya rekomendasi dari orang yang mereka idolakan, jadi saat influencer Bandung mempromosikan bisnis kuliner, sekaligus bisa lebih cepat membangun trust atau kepercayaan. Jadi, followers yang melihat konten influencer favorit mereka menyantap makanan di suatu tempat, secara otomatis bisa merasa yakin bahwa restoran tersebut worth to try.
Apalagi jika influencer tersebut memang dikenal sebagai food enthusiast atau sering mengulas makanan, rekomendasinya bisa dianggap kredibel sehingga bisnis kuliner di Bandung yang kerjasama dengan influencer lokal bisa turut membangun citra positif di mata pelanggan.
Baca juga: Simak Pengalaman Adira Meningkatkan Kredibilitas Brand dengan Layanan Employee Advocacy
5. Konten yang Lebih Kreatif dan Autentik
Kreatifitas influencer Bandung dalam menyajikan konten juga bisa dibilang keren. Konten yang merek buat seperti video review makanan, tempat estetik, foto- foto yang keren, bahkan tantangan kuliner yang menarik gak Cuma bikin makanan dan tempat makan jadi keliatan enak dan menggugah selera tapi juga ada daya Tarik tersendiri.
Karena influencer memiliki kebebasan bikin konten yang sesuai dengan gaya mereka, promosi makanan pun terlihat lebih fresh dan otentik sehingga bisnis kuliner juga akan diuntungkan dong, apalagi dapat bonus untuk bisa tampil beda di mata konsumen.
Baca juga: Gali Niche Konten dari 6 Isu Menarik di 2024 untuk Menarik Gen Z
Nah, jadi kenapa bisnis kuliner harus banget kerjasama dengan influencer Bandung? Karena kelebihan mereka bisa menguntungkan brand, mulai dari jangkauan ke audiens yang tepat, konten yang natural, hingga meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand. Promosi yang kreatif dan otentik yang jadi ciri khas influencer kuliner Bandung ini bisa jadi strategi andalan buat bisnis kuliner untuk menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan popularitas di dunia kuliner. Gimana? Udah siap kolaborasi dengan influencer lokal?
Yuk join IAM.id!
Comments
No Comment yet