Mengenal Kekurangan dari Endorsement yang Perlu Rekan Brand Tahu!
(Freepik/wayhomestudio)
Setiap promosi pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan, baik menggunakan paid promote atau endorsement influencer nih.
Memang, endorse ini menjadi salah metode yang paling terjangkau harganya ketimbang cara lain untuk meningkatkan awareness bahkan selling sebuah brand.
Namun perlu dicermati juga, ada beberapa kekurangan dalam melakukan endorse yang mungkin SobatIAM belum tahu. Berikut ini IAM.ID akan merangkumnya di bawah.
1. Harga Tidak Sama
Memang ini bisa dikatakan kekurangan atau bahkan kelebihan terlepas dari sudut pandang mana yang dipilih. Harga endorse influencer ini tentunya akan berbeda ya.
Indikator perbedaan ini tak lepas dari jumlah pengikut, engagement rate sebuah akun, bahkan faktor penunjang lainnya nih.
Untuk mengakali mencari influencer yang harga murah, SobatIAM perlu mencari influencer yang sesuai dengan budget dan target audiens brand. Bisa juga gunakan analytics tool seperti IAM Influencer Indonesia yang bisa dengan mudah mencari influencer hanya lewat satu platform saja.
2. Promosi atau Iklan yang Tidak Bertahan Lama
Kekurangan endorse yang perlu kamu ketahui juga adalah iklan yang mereka promosikan tidak bertahan lama, berbeda dengan iklan jenisnya konvensional.
Biasanya, endorse ini melibatkan media sosial mereka, dan memasang promosi di feed atau stories yang sifatnya bertahan sebentar nih.
Baca juga: Mengenal Apa itu Deinfluencer dan Bagaimana Brand Menyikapinya?
Maka dari itu, untuk mengakalinya, rekan brand semua harus memaksimalkan promosi ini seperti memberi brief yang jelas supaya mempunyai hasil yang maksimal walaupun bertahan sebentar.
3. Sulit untuk Dimonitor
Namanya influencer atau artis ternama, biasanya mereka kesulitan mengatur jadwal untuk kebutuhan promosi, bahkan ada brand yang harus mengikuti jadwal influencer tersebut.
Apalagi, SobatIAM juga tidak bisa memonitor engagement rate tiap postingan, dan harus menunggu progress report dari pihak influencer.
Sebagai solusi, kamu bisa gunakan platform IAM.ID untuk memantau perkembangan iklan atau campaign, dan bisa dengan mudah merevisi, memberikan approved hanya satu platform saja, menarik bukan?
Nah, itu tadi beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui terkait kekurangan endorsement yang mungkin bisa jadi masukan untuk rekan brand yang ingin endorse influencer. maksimalkan setiap platform yang ada, agar menciptakan hasil yang sesuai keinginan ya!
Comments
No Comment yet