Mengenal Identifikasi 4P untuk Membantu Melakukan Riset Kompetitor
(Freepik/DCStudio)
Melakukan riset kompetitor merupakan hal yang biasa dilakukan para pemilik bisnis, pasalnya dengan melakukan riset kita bisa menentukan strategi bisnis yang kita kelola.
Nah, salah satunya untuk melakukan riset dengan mengidentifikasi menggunakan cara 4P (Produk, Penetapan Harga, Promosi dan Penempatan). Berikut IAM.ID akan menjabarkannya di bawah ini.
Identifikasi Produk dan Penetapan Harga
Mari kita bedah kedua poin pertama, yakno identifikasi produk dan penetapan harga. SobatIAM bisa mulai menggali bisnis mereka dan mulai mengidentifikasinya.
Caranya bisa dengan produk atau layanan mana yang ditampilkan secara mencolok, strategi penetapan harga yang mereka lakukan baik itu penjualan atau diskon.
Selain itu, rekan bisnis juga bisa menganalisis promosi tambahan yang kompetitor lakukan, bisa dengan penawaran uji coba gratis atau fasilitas tambahan lainnya yang menguntungkan pembeli.
Membedah Promosi dan Penempatan
Dalam membedah promosi dan penempatan, ada beberapa poin yang bisa diuji atau ditarik melalui setiap saluran, antara lain:
Direct. Jika mengandalkan ini, mungkin kompetitor ingin memiliki awareness yang kuat, sehingga mereka mudah melakukan pemasaran secara offline.
Referral. Jika kompetitor memiliki backlink yang kuat mereka juga mungkin menempatkan iklan banner di situs web lain, atau punya public relations yang kuat di setiap platform.
Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Memahami Digital Marketing
Search. Kompetitor mungkin akan fokus pada SEO untuk mengoptimalkan konten yang dimiliki. Kamu bisa menganalisis pemasaran konten mereka dan mengidentifikasi halaman teratas yang dimiliki.
Social. Pesaing SobatIAM mungkin memiliki interaksi yang solid dan kuat kepada audiens. Mungkin kamu bisa menyelidiki platform mana yang paling sering kompetitor gunakan.
Paid. Kompetitor kamu mungkin punya anggaran iklan yang kuat, terutama untuk paid search untuk menyelidiki kata kunci mana yang mereka bidding dan menganalisis ad copy.
Nah, itu tadi beberapa pengertian mengenai 4P dan upaya apa yang bisa dilakukan oleh SobatIAM untuk melakukan riset kompetitor.
Comments
No Comment yet