Ini Dia Jenis Konten yang Wajib Ada dalam Content Strategy mu!
Strategi konten seperti apa nih yang udah Sobat Brand buat? Menyusun strategi konten yang efektif merupakan kunci untuk menarik dan mempertahankan audiens. Melalui beragam jenis konten, brand bisa memberikan pengalaman yang lebih lengkap dan menarik bagi followers atau pembaca. Tapi jenis konten seperti apa ya yang wajib ada dalam content strategy brand supaya campaign atau brand-mu makin dilirik? Yuk simak bahasannya!
Baca juga: Pahami Alasan Penting Strategi Influencer Marketing dalam Membangun Kredibilitas Brand
1. Artikel Blog yang Informatif
Konten dengan format artikel blog adalah fondasi utama dari strategi konten yang sukses. Dengan blog, brand bisa memberikan informasi mendalam tentang topik yang relevan dengan brand atau industri tertentu. Artikel blog juga membantu meningkatkan SEO sehingga membuat situs brand jadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Tapi jangan lupa untuk selalu menyediakan informasi yang bermanfaat, lengkap, dan sesuai dengan kebutuhan audiens.
Baca juga: Bangun Personal Branding Profesional di Media Sosial LinkedIn dengan 5 Tips Efektif Ini!
2. Video yang Menarik
Kira- kira format konten apa sih yang paling disukai saat ini? Yap, video adalah salah satu jenis konten paling efektif dan paling digemari di era digital saat ini. Hampir semua content creator pasti pakai konten video sebagai strategi konten paling utama, mulai dari video edukatif, tutorial, hingga behind-the-scenes, semua jenis video ini bisa meningkatkan engagement secara signifikan. Jangan lupa pastikan konten video brand singkat, menarik, dan to the point supaya audiens tetap terlibat hingga akhir.
Baca juga: Apa yang Membedakan Influencer dan Employee Advocacy dalam Strategi Digital Marketing?
3. Konten Visual seperti Infografis
Infografis adalah cara visual yang mudah dimengerti buat menyampaikan informasi yang cukup kompleks. Melalui desain yang menarik, infografis mampu menarik perhatian audiens dan bisa bantu mereka memahami data atau statistik dengan cepat dan lebih mudah. Konten ini juga mudah di-share sehingga membuatnya efektif dalam meningkatkan visibilitas sebuah brand.
Ini Dia Jenis Konten yang Wajib Ada dalam Content Strategy-mu! (Sumber: Freepik)
Baca juga: Chairul Tanjung dan Transformasi Brand Melalui Media Sosial
4. Konten Interaktif
Konten interaktif seperti polling, kuis, dan survei bisa memberikan pengalaman yang unik bagi audiens. Kenapa kira- kira? Karena dengan jenis konten seperti ini, brand bisa mengumpulkan data dan feedback langsung dari audiens, dan gak cuma itu, konten ini juga bisa meningkatkan engagement serta bisa membuat audiens merasa lebih terlibat dalam pengembangan brand.
Baca juga: Gali Niche Konten dari 6 Isu Menarik di 2024 untuk Menarik Gen Z
5. Ulasan dan Testimoni Pelanggan
Jaman sekarang orang pasti lebih percaya dengan rekomendasi dari sesama konsumen, jadi pastiin dulu brand udah menampilkan ulasan atau testimoni pelanggan di dalam strategi konten. Konten kayak gini bisa membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas brand. Testimoni juga memberikan bukti nyata bahwa produk atau layanan brand layak dicoba.
Baca juga: 5 Influencer Instagram Terbaik untuk Belajar Keuangan (Termasuk Raymond Chin!)
6. E-book dan White Paper untuk Lead Generation
Jika target brand adalah mengumpulkan leads, maka pertimbangkan juga untuk bikin konten yang mendalam seperti e-book atau white paper. Jenis konten ini cocok buat audiens yang mencari informasi lebih detail tentang suatu topik. Brand bisa meminta mereka mengisi formulir untuk mengakses konten ini sehingga bisa membantu mengumpulkan data leads yang potensial.
Baca juga: Mau Mulai Kampanye Influencer Marketing? Simak 7 Kunci Sukses Menyusun Anggaran Kampanye Influencer Marketing
7. Konten Media Sosial untuk Engagement Harian
Untuk tetap relevan dan dekat dengan audiens, jangan lupa buat memastikan konsistensi dalam membagikan konten di media sosial. Tetaplah update walau hanya berupa update singkat, tips, hingga live session untuk menjawab pertanyaan audiens. Konten media sosial yang diupload secara rutin terbukti sangat bagus dan disarankan untuk meningkatkan awareness.
Baca juga: 8 Cara Maksimalkan Keberhasilan Kampanye Dengan Influencer Marketing yang Terintegrasi
8. Email Newsletter yang Teratur
Email newsletter adalah cara efektif untuk menjaga keterlibatan audiens secara berkala. Melalui konten ini, brand bisa memberikan update terbaru, promo, atau artikel menarik langsung ke inbox konsumen. Newsletter juga cocok banget untuk mengarahkan audiens kembali ke situs atau blog brand.
Baca juga: 4 Langkah Yang Perlu Diperhatikan untuk Melakukan Rebranding Media Sosial di 2024
9. Podcast untuk Menjangkau Audiens Baru
Kalau brand punya banyak topik menarik yang bisa dibahas secara mendalam, coba deh pertimbangkan untuk memulai podcast. Melalui konten podcast, brand bisa menjangkau audiens yang lebih luas terutama mereka yang menyukai format audio maupun berupa video untuk mendengarkan di waktu luang.
Baca juga: Strategi Brand Management: 3 Tantangan Perubahan Interaksi Brand dengan Pengguna di Era Digital
Melalui berbagai jenis konten yang lengkap dan bervariasi, brand jadi lebih bisa menyusun content strategy yang lebih efektif dan menarik bagi audiens. Mulai dari blog, video, hingga konten interaktif dan email newsletter, jangan lupa pastikan buat memilih jenis konten yang sesuai dengan tujuan dan karakter audiens yang dimiliki. Selamat mencoba ya!