Tips Brand dan Influencer Menghadapi Awal Tahun 2024
Telah banyak perubahan yang terjadi mengenai kerjasama antar brand dan influencer. Dalam mempersiapkan tahun 2024 yang lebih gemilang baik untuk brand maupun influencer, IAM.id merangkum tips untuk keduanya.
(sumber: freepik)
Tips untuk influencer:
1. Orisinalitas
Orisinalitas merupakan kunci penting dalam membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Dalam dunia konten digital yang semakin kompetitif ini, aka nada banyak orang yang menawarkan konten yang memiliki kemiripan yang signifikan. Oleh karena itu, penting untuk tetap setia dengan nilai dan gaya yang dimiliki. Audiens akan merasakan kejujuran dan integritas sebuah akun ketika pembuat konten memiliki keaslian yang khas untuk ditawarkan.
2. Diversifikasi Konten
Selain itu, untuk menjaga keterlibatan audiens, penting untuk melakukan diversifikasi konten dengan melakukan eksperimen membuat konten dengan format beragam yang tidak hanya berupa video tapi juga single image, cerita, dan konten interaktif. Karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda ketika mengkonsumsi sebuah konte, maka dengan strategi diversifikasi konten, kesempatan sebuah akun untuk menjangkau audiens yang lebih luas akan semakin tinggi.
Baca juga: Tahun Depan Siap Viral? Pahami Algoritma TikTok di Tahun 2024
3. Mitra Jangka Panjang
Selanjutnya, fokuslah dalam membangun kemitraan jangka Panjang dengan merek yang sesuai dengan niche dan audiens yang ada. Menjalin kemitraan dengan merek yang sesuai dapat membangun symbiosis mutualisme yang pasti saling menguntungkan kedua belah pihak. Perlu diperhatikan juga dalam memilih mitra, perhatikan mitra juga memiliki nilai- nilai dan tujuan yang selaras dengan niche dan konten, serta pastikan jangan sampai ada masalah ke depannya.
Tips untuk brand:
1. Bangun Hubungan Jangka Panjang
Membina hubungan yang baik dengan influencer dapat membantu merek memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan audiens yang lebih luas. Sama halnya dengan influencer, brand juga sebaiknya bekerjasama dengan influencer untuk hubungan jangka Panjang agar tercipta kolaborasi yang lebih tulus dan berdampak.
2. Eranya Mikro dan Nano Influencer
Tidak hanya influencer dengan pengikut besar yang berpotensi memberikan dampak signifikan bagi merek, influencer mikro dan nano juga memiliki kekuatan yang tidak boleh diremehkan. Meskipun pengikut mereka tidak sebanyak influencer terkenal, tetapi biasanya audiens yang dimiliki influencer mikro dan nano lebih terlibat dan dapat memberikan hasil yang mengesankan bagi brand.
Baca juga: 7 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Influencer Pemula
3. Konten Video
Penggunaan konten video merupakan salah satu cara yang efektif dalam berkolaborasi dengan influencer. Pesan yang disampaikan melalui konten video dianggap lebih mampu menarik perhatian audiens dan memberikan kesan yang lebih mendalam. Maka dari itu, merek perlu mengadakan konten video dalam marketing campaign-nya, apalagi berkolaborasi dengan influencer yang mahir bernarasi melalui video yang menarik dapat membantu merek manjangkau audiens dengan cara yang lebih kreatif dan menyenangkan.
Lebih dari semakin ketatnya persaingan dan tuntutan kreatifitas yang tinggi, pemasaran influencer pada tahun 2024 akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah orisinalitas karena konsumen akan semakin cerdas dan skeptic atas konten yang dipromosikan oleh influencer. Selain itu, transparansi juga menjadi faktor penting karena influencer perlu jujur dan transparan dalam mengungkapkan hubungan mereka dengan brand dan menjaga integritas konten yang telah dibuat.
Nah itu dia beberapa tips untuk brand dan influencer dalam menyambut awal tahun 2024 ini. Selamat tahun baru 2024 sobat IAM.id!
Jangan ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Tips Influencer di sini ya!