TikTok dan Instagram, Mana yang Menguntungkan untuk Kebutuhan Bisnis?
(Pexels/Brett Jordan)
Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan para pemilik bisnis. Apalagi, aplikasi seperti Instagram dan TikTok punya fitur yang mendukung para pemilik usaha.
Dengan banyaknya fitur lengkap penunjang usaha, dan bukan hanya hiburan semata. Kedua aplikasi atau platform itu sangat erat dengan keperluan bisnis.
Namun, apakah kamu tahu platform mana sih yang menguntungkan bagi bisnis? Berikut IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini.
1. Segi Audiens
Sebagai data pembanding. Setengah dari seluruh pengguna TikTok berusia di bawah 30 tahun. Dan 25% berada di bawah usia 20 tahun.
Sedangkan basis pengguna Instagram lebih beragam. Sebagian besar 25 hingga 44 tahun. Nah, jika segmen pasar kamu anak muda, promosi di TikTok akan sangat powerfull.
Jika menyasar kalangan dewasa yang punya buying power, Instagram bisa kamu pilih nih!
2. Segi Antarmuka atau Interface
Walaupun TikTok didominasi oleh kalangan muda, secara interface desain terlihat lebih kasar nih ketimbang Instagram. Walaupun kasar, kalangan muda sudah sangat familiar menggunakan produk digital sejak kecil.
Berbeda juga nih dengan segmen pengguna dewasa di Instagram yang kebanyakan mengenal produk digital di umur 20 tahunan lebih.
Jika segi tampilan design, tentu Instagram lebih mudah dipahami. Sehingga lebih disukai oleh segmen dewasa.
3. Segi Penggabungan Video
Namanya usaha pastinya ingin berkreasi dan promosi melalui video nih. nah, platform TikTok ini dengan mudah bisa menambahkan video pengguna lain dalam video kita.
Baca juga: Kemungkinan Terkenal! 3 Tips Menjadi YouTuber yang Kreatif dan Hits!
Menggabungkan video agak sulit dilakukan di Reels Instagram. Mau tidak mau, harus menggunakan perangkat lunak di luar Instagram untuk mengedit video.
4. Segi Komunikasi dengan Pengguna
Dari segi komunikasi, Reels di Instagram menyediakan ruang maksimal 2.000 kata untuk menambahkan teks, dan bisa diisi dengan informasi terkait produk.
Sedangkan TikTok hanya 100 karakter. Namun bisa menggabungkan video dengan Duet, stitch video bahkan live streaming.
Apalagi saat streaming, TikTok punya keunggulan seperti dengan mudah berbelanja langsung via TikTok Shop dan melihat list barang yang tersedia.
Dengan melihat keunggulan dari kedua aplikasi tersebut, ternyata keduanya punya masing-masing ciri khas dan keunikan nih. Keduanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis asalkan bisa memanfaatkan beberapa fitur unggulan. Selamat mencoba!
Comments
No Comment yet