Tahun Depan Siap Viral? Pahami Algoritma TikTok di Tahun 2024
Masing- masing platform media sosial memiliki algoritma yang berbeda- beda, begitu juga halnya dengan TikTok. Di TikTok, siapapun bisa menjadi viral karena TikTok merekomendasikan sebuah konten bukan dari jumlah pengikut dan popularitas, namun dari ketertarikan pengguna serta jumlah engagement yang tercipta.
Jadi, banyak sedikit pengikut tidak dibedakan di sini. Meskipun begitu, tetap dibutuhkan strategi dan pemahaman mengenai penggunaan algoritma secara efektif untuk bisa viral di TikTok.
TikTok menggunakan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin dalam mengenali preferensi pengguna sehingga muncul rekomendasi konten yang sesuai. Sehingga, ketika membuka TikTok, algoritma akan dengan cepat mengenali preferensi pengguna dan merekomendasikan konten yang sesuai dengan perilaku penggunanya.
(sumber: pexels/cottonbro)
Baca juga: 5 Tools Penting yang Harus Diketahui Content Creator
Konten yang direkomendasikan bisa berdasarkan jenis- jenis video yang sering dilihat, diberi komentar, dan like-lah yang akan dijadikan sumber informasi bagi TikTok untuk terus menerus menyajikan konten yang diyakini menarik bagi penggunanya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
1. Kualitas Video
Video dengan kualitas tinggi selalu mendapatkan kesempatan untuk viral lebih besar daripada yang biasa- biasa saja. Kualitas di sini bukan hanya tentang gambar dan suara yang jernih tapi juga video yang memiliki value.
2. Kelengkapan Video
Konten yang bagus adalah yang membuat penonton betah untuk menontonnya berlama- lama dari mulai awal video sampai dengan akhir.
3. Engagement
Selain video yang bagus dan berkualitas, interaksi yang tercipta di dalamnya juga sangat dibutuhkan untuk menjadi viral. Seperti jumlah like, komen, save, share, serta beberapa indikasi dari sebuah konten yang baik dan mengundang keterlibatan pengguna lain. Misalnya, konten yang mengandung CTA (Call To Action) yang mengundang pengguna lain untuk memberikan komentar, like, bagikan, atau menyimpan konten.
Baca juga: Masih Fokus Pada Hashtags? Gunakan 4 Fitur Ini Untuk Menjangkau Audiens
4. Informasi Tentang Video
Agar algoritma mudah memahami sebuah konten, maka ketika melakukan upload video, ingatlah untuk selalu memberikan informasi terkait video seperti menambahkan kata kunci di caption, memberikan hashtag yang relevan, dan menambahkan deskripsi.
5. Menjalin Hubungan dengan Konten dan Influencer Lain
Platform media sosial merupakan wadah untuk berinteraksi sosial dengan pengguna yang ada di dalamnya. Jadi, engagement adalah kunci untuk membuka kesempatan agar akun dan konten-mu diketahui lebih banyak orang. Hal ini dapat dilakukan dengan berpartisipasi secara aktif dalam komunitas, seperti mengikuti influencer yang relevan lalu berinteraksi di dalamnya membantu algoritma untuk menggunakan info tersebut dalam merekomendasikan video yang menarik.
6. Upload di Jam Prime Time
Dengan mengupload konten di saat banyak pengguna sedang online dapat memperbesar peluang viral karena akan ada lebih banyak orang yang melihat konten tersebut, daripada ketika melakukan upload saat hanya sedikit pengguna yang sedang online. Untuk itu, perlu juga memahami pola penggunaan aplikasi pengguna di TikTok.
Baca juga: 6 Hal yang Seharusnya Tidak Kamu Bagikan di Media Sosial
7. Konten Trending
Selalu update dengan konten yang sedang trending dan buatlah konten terkait hal yang sedang trending tersebut untuk meningkatkan peluang konten direkomendasikan kepada lebih banyak audiens.
Nah itu dia 7 hal mengenai algoritma TikTok yang bisa dicoba agar viral di TikTok.
Jangan lupa untuk selalu update informasi seputar Influencer Tips lainnya di sini ya!
Comments
No Comment yet