Sering Disebut Mirip, Kenali Perbedaan Marketing dan Advertising
(Freepik/rawpixel.com)
Bagi pelaku usaha, bahkan orang awal sekalipun, jika kita berbicara soal marketing atau bahkan advertising, pastinya akan dianggap sama saja.
Padahal, unsur keduanya berbeda walaupun memiliki kaitan yang erat nih. Dua elemen penting ini sangat penting dalam pengembangan bisnis lho.
Oleh karena itu, mari sama-sama kenali lebih jauh mengenai keduanya. Berikut ulasan singkat yang sudah iam.id siapkan di bawah ini.
1. Apa itu advertising?
Advertising atau periklanan merupakan keseluruhan dari proses marketing, yang berarti upaya untuk menarik perhatian pelanggan melalui pesan, baik berupa gambar, video bahkan tulisan.
Baca juga: Modal HP Doang! Begini 5 Cara Menjadi Youtuber Bagi Pemula
Biasanya, periklanan ini sifatnya persuasif atau mengajak orang lain. upaya ini dilakukan agar saat audiens melihat iklan dan ajakan tadi, bisa mengambil tindakan dalam pembelian sebuah produk.
Iklan ini bisa ditempatkan melalui channel apapun, baik digital atau konvensional, seperti televisi, radio, koran, media sosial, billboard, dan lain sebagainya.
2. Apa itu marketing?
Nah, selanjutnya ada marketing, yakni proses membangun hubungan antara perusahaan atau target audiens untuk meraih tujuan yang diinginkan melalui sebuah promosi.
Dalam promosi, tidak langsung mengenalkan produk saja lho, ada tahapan yang bisa dilakukan, seperti memperkenalkan produk terlebih dahulu, mengenalkan layanan yang bisa dicoba kepada publik.
Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Content Creator dan Influencer
Setelah itu barulah menentukan target pasar, menciptakan strategi untuk menarik minat audiens yang akan dituju.
3. Perbedaan keduanya
Segi tujuan dan tanggung jawab
Marketing melakukan penelitian pasar untuk menentukan target audiens, menyampaikan hasil riset kepada tim advertising dan sales, mengawasi berbagai pendekatan marketing.
Baca juga: Sedang Dikembangkan, Berikut 4 Fitur Terbaru Instagram
Sedangkan advertising mendesain iklan dengan menarik agar dilirik, membuat story board atau iklan, mencari ide tagline yang unik untuk dipasang di iklan.
Segi kemampuan
Marketing cenderung memahami produk atau layanan, atau berfokus pada strategi yang diterapkan untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Maka dari itu skill yang harus dimiliki adalah keterampilan menganalisa, keahlian bisnis dan keuangan dan mampu melakukan riset.
Baca juga: Influencer Perlu Tahu, Mengenal Apa Itu Engagement dan Cara Meningkatkannya!
Sedangkan advertising itu lebih memahami terkait produk dan jenis pelanggan seperti apa yang akan disasar. Kemampuan yang harus dimiliki seorang advertiser adalah kreatif, komunikasi yang baik dan skill teknis yang lainnya.
Nah, sudah tahu kan perbedaan keduanya. Walaupun erat kaitannya dalam bisnis dan tidak bisa dipisahkan, namun keduanya memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda.
Comments
No Comment yet