Sering Dianggap Sama: Ketahui Perbedaan Content Creator Dengan Influencer
Masih banyak orang yang menganggap bahwa content creator dan influencer merupakan hal yang sama, padahal content creator dan influencer memiliki perbedaan terutama dari bagaimana cara mereka bekerjasama dengan brand.
Nah bagaimana perbedaannya?
(sumber: freepik)
Misal, sebuah brand ingin menggunakan jasa content creator untuk menciptakan deskripsi produk, infografis, dan postingan media sosial untuk membangkitkan minat terhadap produk baru yang akan diluncurkan. Namun, mereka menyadari bahwa hal tersebut mungkin tidak cukup untuk mencapai tingkat minat yang diinginkan. Oleh karena itu, brand berencana untuk bekerja sama dengan influencer yang memiliki kemampuan untuk membagikan foto selfie mereka menggunakan produk atau memposting video mereka menggunakan produk tersebut di reel Instagram. Hal ini diharapkan dapat mendorong pengikut influencer untuk mencoba produk tersebut atau setidaknya tertarik untuk mengeksplor lebih lanjut tentang merek dan produk yang ditawarkannya. Mengetahui perbedaan antara influencer dan content creator sangat penting bagi brand agar dapat memilih tim yang tepat dengan keterampilan dan keahlian yang diperlukan untuk memperluas jangkauan sebuah merk/ produk serta membangkitkan minat konsumen.
Baca juga: Tips Brand dan Influencer Menghadapi Awal Tahun 2024
Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan bahwa content creator adalah seseorang yang bertanggungjawab untuk merencanakan dan membuat konten menarik dan edukasional baik itu di suatu platform ataupun media lainnya.
Content creator juga memiliki beragam jabatan dalam bisnis sesuai dengan jenis konten yang menjadi tanggung jawabnya. Ada pembuat konten video media sosial, desain grafis, artikel, digital marketing, dan lain sebagainya. Dalam perjalanannya, seorang konten creator bisa juga menjadi influencer jika mau.
Di samping itu, influencer merupakan seseorang yang memiliki kemampuan mempengaruhi suatu kelompok yang biasanya ada di satu platform media sosial atau lebih. Persamaannya dengan konten creator adalah influencer sama- sama membuat konten di media sosial namun seorang influencer tidak selalu bekerja sebagai pembuat konten di sebuah bisnis atau perusahaan.
Karena kemampuannya untuk memberikan pengaruh yang cukup signifikan kepada masyarakat, banyak brand yang bekerjasama dengan influencer untuk memasarkan produknya. Sementara content creator memiliki upah sesuai ketentuan perusahaan, influencer memiliki rate card tersendiri sesuai dengan performa yang ditawarkan.
Baca juga: 5 Miskonsepsi Content Creator yang Paling Sering Terjadi di Instagram di Tahun 2023
Nah itu dia sekilas gambaran mengenai perbedaan antara content creator dan influencer.
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Tips Influencer di sini ya!
Sumber: