Penasaran? Yuk Kenali 5 Perbedaan Strategi Influencer Marketing Lokal dan Global
Influencer marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif, baik di tingkat lokal maupun global. Namun, ada perbedaan strategis yang perlu dipertimbangkan ketika menjalankan campaign influencer marketing di tingkat lokal dan global.
(Sumber: Unsplash)
Baca juga: Menavigasi Hambatan dan Tantangan Umum dalam Sistem Influencer Marketing
Berikut IAM.id rangkum perbedaan strategi influencer marketing di kedua tingkat tersebut.
1. Pemilihan Influencer
Lokal: Memilih influencer lokal yang memiliki audiens yang relevan dan berbahasa Indonesia dapat lebih efektif dalam mencapai target pasar lokal.
Global: Di tingkat global, pemilihan influencer harus mempertimbangkan keterwakilan geografis yang lebih luas dan kemampuan influencer untuk berkomunikasi dalam bahasa yang dimengerti oleh audiens global.
2. Bahasa dan Budaya
Lokal: Menggunakan bahasa dan konten yang sesuai dengan budaya lokal Indonesia sangat penting untuk membangun kedekatan dengan audiens lokal.
Global: Di tingkat global, penting untuk memperhatikan bahasa dan budaya yang berbeda-beda dari berbagai negara yang menjadi target pasar.
Baca juga: Strategi Digital Marketing Kurang Optimal? Pahami Dulu 3 Marketing Funnel Ini!
3. Jenis Konten
Lokal: Konten yang menampilkan kehidupan sehari-hari dan budaya lokal Indonesia dapat lebih diterima oleh audiens lokal.
Global: Di tingkat global, konten yang bersifat universal dan dapat diterima oleh berbagai budaya dan latar belakang menjadi lebih relevan.
4. Perbedaan Platform Media Sosial
Lokal: Platform media sosial yang lebih populer di Indonesia seperti Instagram, YouTube, dan TikTok bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk campaign influencer marketing lokal.
Global: Di tingkat global, perlu mempertimbangkan platform yang lebih populer secara internasional seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.
Baca juga: Yuk Pecahkan Mitos Umum Seputar Influencer Marketing System di Indonesia
5. Skala Campaign
Lokal: Campaign influencer marketing di tingkat lokal Indonesia mungkin memiliki skala yang lebih kecil dan fokus pada audiens lokal.
Global: Di tingkat global, campaign dapat memiliki skala yang lebih besar dan menjangkau audiens yang lebih luas di berbagai negara.
Meskipun prinsip dasar influencer marketing tetap sama, ada perbedaan strategis yang perlu dipertimbangkan ketika menjalankan campaign influencer marketing di tingkat lokal Indonesia dan global. Dengan memahami perbedaan ini, brand dapat mengembangkan strategi influencer marketing yang lebih efektif dan sesuai dengan target pasar.
Baca juga: 250.000 List Influencer Marketing Indonesia Terlengkap Cuma di IAM.id !
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!