Mengupas Demografi Influencer di IAM.id, Siapakah Mereka?
Di balik suksesnya berbagai campaign digital marketing, influencer memainkan peran yang sangat penting. Mereka adalah jembatan antara brand dan konsumen, menyampaikan pesan dengan cara yang lebih personal dan autentik. Tapi, banyak yang belum tau demografi influencer yang ada di setiap platform biasanya berbeda namun hampir mencerminkan kondisi keseluruhan di media sosial. Kali ini, yuk kita kupas tuntas demografi influencer di IAM.id berdasarkan data yang ada.
Baca juga: Preview 3 Fitur Sistem Influencer Management di Dashboard IAM.id
Jenis Kelamin Influencer
Mayoritas influencer di IAM.id adalah perempuan, yaitu sebesar 72,36%. Sementara itu, influencer laki-laki mencakup 27,64%. Dominasi influencer perempuan ini menunjukkan bahwa mereka memiliki daya tarik yang kuat dan mampu berkomunikasi dengan audiens secara efektif.
Mengupas Demografi Influencer di IAM.id, Siapakah Mereka? (Sumber: Freepik)
Baca juga: 5 Keunggulan Menggunakan Manajemen Influencer IAM.id
Usia Influencer
Mayoritas influencer berada pada rentang usia 18-24 tahun, mencapai 65,27%. Kelompok usia ini dikenal sebagai generasi milenial yang sangat akrab dengan teknologi dan media sosial. Usia 25-30 tahun juga cukup signifikan dengan 19,51%. Sedangkan, usia di bawah 18 tahun dan di atas 31 tahun masing-masing hanya mencakup 8,58% dan 6,64%.
Baca juga: 3 Strategi Utama Influencer Marketing Campaign Politik Ala IAM.id
Kategori Influencer
Influencer di IAM.id datang dari berbagai kategori, dengan tiga kategori terbesar adalah:
1. F&B (Food & Beverage): 32,89%
2. Kecantikan: 24,13%
3. Fashion: 20,90%
Kategori lainnya yang cukup besar adalah gaya hidup (17,80%) dan travel (13,52%). Sementara itu, kategori teknologi (2,47%), hiburan (8,08%), kesehatan dan kebugaran (2,85%), parenting (6,01%), gamer (0,81%), keuangan (0,52%), dan politik (0,75%) memiliki porsi yang lebih kecil.
Baca juga: Kenali Kegunaan 6 Fitur Dashboard Influencer Management System IAM.id
Tipe Influencer
Jenis influencer juga bervariasi, mulai dari nano hingga mega influencer:
- Nano Influencer: 56,00%
- Mikro Influencer: 32,66%
- Makro Influencer: 9,14%
- Mega Influencer: 2,18%
Nano influencer, meskipun memiliki pengikut yang lebih sedikit, sering kali memiliki engagement yang lebih tinggi dan hubungan yang lebih erat dengan audiens mereka sehingga menjadikan mereka aset berharga untuk campaign yang memerlukan pendekatan lebih personal.
Baca juga: Ketahui 6 Keuntungan Memilih Agency Influencer Marketing Dibandingkan Influencer Individu
Demografi influencer di IAM.id sangat beragam, mencakup berbagai usia, jenis kelamin, dan kategori. Perempuan mendominasi dengan kelompok usia milenial yang sangat dominan. Dalam hal kategori, F&B, kecantikan, dan fashion adalah yang paling populer. Tipe influencer juga menunjukkan bahwa nano dan mikro influencer memiliki peran penting dalam strategi digital marketing.
Dengan memahami demografi ini, brand dapat lebih mudah merancang campaign yang tepat sasaran dan efektif. Jadi, siapakah influencer yang akan brand Anda pilih untuk campaign selanjutnya?
Baca juga: 250.000 List Influencer Marketing Indonesia Terlengkap Cuma di IAM.id !
Segera join IAM.id dan sukseskan campaign brand kamu!
Comments
No Comment yet