Mengenal Pengertian Niche Market Beserta Manfaatnya
(Freepik)
Sebagai influencer atau pemilik usaha pasti tahu kan apa itu niche? Yap, sesuatu ketertarikan atau topik yang dipilih untuk menarik minat audiens.
Nah, dalam marketing ada juga disebut niche market, jika SobatIAM belum tahu apa itu, yuk simak beberapa informasi yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini.
Pengertian Niche Market
Niche market adalah bagian dari segmen pasar yang besar tetapi punya karakteristik khusus yang membuat mereka menjadi unik.
Misalnya ada sebuah produk cuci piring, nah target pasar mereka ibu rumah tangga yang ingin piring mereka bersih, tetapi ada juga pasar niche yang peduli terhadap kesehatan dan lingkungan.
Jadi, produk cairan pencuci piring tadi tidak menjadi limbah bagi lingkungan dan aman untuk kulit. Spesifik banget kan? Tentu pasar niche ini tidak bisa diremehkan karena bisa berpeluang besar keuntungannya lho!
Apa Saja Manfaat Niche Market?
Dengan niche yang lebih spesifik, tentu akan memudahkan kita untuk keluar dari persaingan yang besar nih.
Dengan mengincar pasar yang spesifik atau niche, kita bisa melayani target segmen yang tidak tersentuh atau bahkan dihiraukan oleh bisnis besar.
Bisnis besar pastinya akan mengincar keuntungan dari jumlah penjualan besar, jadi kecil kemungkinan mereka mengincar pasar yang spesifik. Inilah peluang yang bisa dimanfaatkan.
Baca juga: Jelang Pemilu, Inilah 3 Peluang Bisnis yang Menguntungkan untuk Dicoba!
Selain itu, jadi lebih mudah dalam mendapatkan pelanggan setia. Hal tersebut karena kebutuhan dan preferensi mereka spesifik, dan tidak banyak bisnis lain yang mampu memenuhi keinginan mereka.
Itu tadi beberapa pengertian mengenai niche market beserta manfaatnya, kamu bisa langsung menerapkannya di bisnis nih jika punya target pasar yang lebih spesifik!
Comments
No Comment yet