Mengenal Jenis- Jenis Content Marketing, Sudah Diterapkan Belum?
(Freepik/rawpixel.com)
Content marketing memang berpengaruh terhadap reputasi sebuah brand, karena jika ini berhasil diterapkan, maka SobatIAM memiliki audiens yang dekat dan loyal.
Memang sulit membuat konten yang relevan dengan target audiens, namun jika berhasil membuatnya, yakin deh konsumen akan tertarik membeli, karena menganggap bahwa produk SobatIAM menjadi solusi dari masalah audiens.
Nah, dari banyaknya platform digital, sebetulnya ada apa saja jenis content marketing ini? Berikut iam.id rangkum di bawah ini.
1. Media sosial
Seperti data dari We Are Social, saat ini, pengguna media sosial di seluruh dunia mencapai 4,6 miliar lebih lho! Sedangkan jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191,4 juta.
Tidak heran bahwa banyaknya brand memanfaatkan media sosial sebagai tempat pemasaran, karena efektif dengan tujuan dari target audiens.
Baca juga: 5 Ide Konten Instagram Reels yang Menarik untuk Bisnis!
Di media sosial ini rekan brand bisa menerapkan social media marketing dengan konten promosi yang menarik, baik melalui foto, video, cerita, kuis, live dan lain-lain.
2. Infografis
Mungkin SobatIAM pernah melihat konten visual yang isinya data bahkan teks yang ringkas. Yup, itu dia infografis yang jadi salah satu content marketing.
Di infografis, bisa memuat informasi yang lengkap namun ringkas, semacam intisari dari sebuah data yang faktual.
Dalam pemasaran, SobatIAM bisa menampilkan informasi tentang apa produk yang sedang dipromosikan, fitur unggulan dan manfaatnya.
3. Web blog
Selanjutnya ada blog nih, jenis content marketing yang cukup populer. Di blog sebuah brand juga memungkinkan untuk memberikan informasi tentang suatu topik dan produk dengan lengkap lho!
Tentu, fungsi blog ini penting karena bisa membantu target audiens mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari sebuah brand atau produk yang ditawarkan.
Baca juga: 5 Cara Mudah Bikin Konten Reels yang Menarik untuk Bisnis!
Selama bisa meningkatkan penjualan online, blog sangat efektif untuk membangun brand awareness yang lebih baik dan sekaligus engagement yang lebih intensif.
4. Video
Mungkin SobatIAM sering melihat produk yang dipasarkan namun melalui medium video. Menarik untuk ditonton bukan? Nah, video ini jadi jenis content marketing unggulan nih, karena bisa meyakinkan pembeli saat menonton video tersebut.
Maka dari itu, ketika SobatIAM memiliki bisnis kuliner, berkolaborasi lah dengan seorang food vlogger untuk meyakinkan calon konsumen supaya mau mampir ke kedai kita. Karena orang cenderung mencari review dari influencer dahulu baru mulai membeli sebuah produk.
5. Email
Dalam mempromosikan konten yang relevan dan lebih personal, mungkin email ini bisa jadi kunci dalam content marketing nih. Karena distribusinya lebih personal, dengan demikian SobatIAM bisa lebih personal dalam pengiriman pesannya. Apalagi, pengguna email di dunia cukup banyak, sehingga potensi menjangkau target lebih besar dan terbuka.
Baca juga: Mengenal TikTok Shop Beserta Keunggulannya untuk Bisnis!
Misalnya bisa mengirimkan newsletter, email promosi, pengingat shopping cart dan lainnya. Cukup efektif bukan?
Nah, itu dia beberapa jenis content marketing yang bisa digunakan oleh rekan brand dalam menyasar target audiens. Selain bisa menjadi solusi atas masalah calon konsumen, medium atau channel yang digunakan pun harus merata agar strategi ini tetap bekerja.
Comments
No Comment yet