Mengenal 3 Fitur Omnichannel Marketing yang Sering Digunakan Pemilik Bisnis!
(Freepik/creativeart)
Kalau dulu jika ingin berbelanja hanya terpaku pada toko offline, namun sekarang kita bisa leluasa berbelanja dengan aplikasi yang bukan khusus belanja saja nih!
Nah, inilah kemudahan yang bisa didapatkan oleh kita saat ini untuk berbelanja, yakni dengan memanfaatkan fitur omnichannel yang ada. Berikut ini beberapa fitur omnichannel yang sering kita jumpai. Berikut IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini.
1. Fitur Messaging Channels dan Integrations
Nah, pertama salah satu omnichannel yang sering kita gunakan adalah messaging channel nih, yaitu aplikasi yang menghubungkan semua saluran pemasaran.
Aplikasi itu seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram Business, Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya.
Dengan adanya fitur ini pelanggan dan penjual bisa mengirim dan berbalas pesan, tanpa perlu ribet pindah saluran lagi nih, sehingga jadi lebih praktis.
2. Fitur Social CRM
Selanjutnya ada social CRM, yakni fitur khusus untuk media sosial yang berbasis sistem Customer Relationship Management (CRM).
Dengan CRM ini, pebisnis bisa dengan mudah melakukan beberapa hal seperti mengelompokkan pelanggan ke dalam beberapa segmen perilaku berbelanja, demografi dan lain-lain.
Bahkan, kita juga bisa menganalisis aktivitas dan interaksi pelanggan di media sosial, mengevaluasi kinerja tim secara berkala untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
3. Fitur Automation Chatbot Solution
Nah, terakhir ada fitur otomatis menjawab dengan chatbot, fitur ini berfungsi untuk memudahkan pemilik bisnis dalam merespon setiap pesan dari pelanggan atau membalas komentar di postingan media sosial secara otomatis.
Sebagai contoh, WhatsApp Business punya salah satunya, sehingga pemilik brand tidak kewalahan dalam menjawab pertanyaan pelanggan nih.
Nah, itu tadi beberapa hal penting yang bisa kamu ketahui mengenai omnichannel, ternyata banyak fitur unggulan yang bisa didapatkan dengan adanya fitur ini bukan?
Comments
No Comment yet