Menentukan Tujuan dan Identitas Brand di Langkah Awal Layanan Brand Management IAM.id
Memulai perjalanan membangun brand bisa jadi langkah yang menantang. IAM.id paham betul bahwa ada dua hal paling krusial di tahap awal yakni menentukan tujuan dan mengembangkan identitas brand. Karena tanpa dua hal ini, brand bisa hilang arah dan sulit bertahan di tengah persaingan bisnis yang makin hari makin ketat. Jangan sampe deh. So, langsung aja yuk kita bahas pentingnya menentukan langkah awal ini dan bagaimana IAM.id bisa membantu!
Baca juga: 5 Strategi Membangun Identitas Brand yang Kuat Melalui Visual Branding
1. Tujuan Brand Menentukan Arah yang Jelas
Sebelum merancang strategi marketing, penting untuk tahu tujuan dari brand Sobat. Apa sih yang mau dicapai? Tujuan brand bisa beragam, dari meningkatkan brand awareness hingga membangun loyalitas pelanggan atau meningkatkan penjualan.
IAM.id membantu kamu menggali lebih dalam dan menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik. Dengan tujuan yang tepat, strategi brand management bisa lebih fokus dan terarah. Misalnya, kalau tujuanmu adalah membangun kesadaran merek, pendekatan yang kami sarankan akan lebih fokus pada kampanye influencer yang luas dan relevan.
Baca juga: Keutamaan Kerjasama dengan Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness
2. Membentuk Citra Unik dalam Identitas Brand
Cuma brand kuat yang punya identitas menonjol yang di dalamnya mencakup bagaimana brand terlihat dan terdengar oleh audiens. Gak cuma dari logo dan warna, karena gaya bahasa hingga tone of voice pun harus konsisten dan sesuai dengan kepribadian brand.
IAM.id bisa banget bantu mengarahkan brand buat membentuk identitas yang sesuai dengan visi dan misi bisnis. Mungkin ada brand yang ingin terlihat fun, tapi ada juga yang mau kelihatan serius atau elegan, bukan? Nah, identitas ini yang nantinya akan jadi dasae dalam semua aktivitas marketing, terutama saat bekerja sama dengan influencer. Brand dengan identitas kuat lebih mudah dikenali dan diingat oleh audiens.
Menentukan Tujuan dan Identitas Brand di Langkah Awal Layanan Brand Management IAM.id. (Sumber: Freepik)
Baca juga: 7 Langkah Menciptakan Citra Brand yang Kuat melalui Online Reputation Management
3. Koneksi dengan Audiens
Nah kalau Sobat brand udah menentukan tujuan dan identitas, langkah penting selanjutnya adalah mengenal lebih dekat siapa aja sih audiens dari brand-mu? IAM.id bisa memanfaatkan data yang ada biar brand jadi lebih dekat dengan target pasar supaya pesan brand yang mau disampaikan bisa nyambung dengan apa yang dibutuhkan audiens.
Jadi, kalau audiens brand berasal dari generasi muda yang aktif di media sosial, maka pendekatan yang lebih santai dan interaktif bisa jadi lebih tepat. Lain hal jika target brand lebih formal, identitas dan pesan brand akan disesuaikan juga biar tetap relevan dan efektif.
Baca juga: Tips Memahami Audiens: 5 Penerapan Audience Insight dalam Influencer Marketing
4. Konsistensi adalah Kunci
Konsistensi adalah satu hal yang wajib banget diterapkan brand. Udah gitu, gak cuma jadwal konten dan postingnya aja lho yang harus konsisten, brand juga harus tau pentingnya menjaga pesan dan tampilan untuk tetap konsisten di semua platform, mau itu di media sosial maupun campaign offline. Konsistensi inilah yang membuat brand lebih gampang terkenal sehingga kepercayaan di mata audiens akan terbangun dengan sendirinya.
IAM.id bisa bantu brand menjaga dan mempertahankan identitas dan pesan brand supaya tetap kuat dan konsisten lewat monitoring dan evaluasi rutin. Hal ini dilakukan supaya brand tetap segar dan relevan walaupun tren terus mengalami perubahan.
Baca juga: 8 Tips Sukses Mengelola Waktu dan Menjaga Konsistensi dalam Membuat Konten
5. Evaluasi dan Adaptasi
Sejatinya, tujuan dan identitas brand yang kuat akan membutuhkan proses, jadi bukan sesuatu yang sifatnya sekali jadi. Untuk itu IAM.id membantu brand juga buat melakukan evaluasi berkala demi memastikan strategi yang diterapkan tetap sesuai dengan perkembangan industri dan kebutuhan pasar. Dengan strategi ini, brand bisa terus berkembang dan beradaptasi dengan cepat.
Baca juga: Cara Memonitor Campaign yang Sudah Dilakukan Influencer di IAM.id
Menetapkan tujuan dan identitas brand memang akan selalu menjadi langkah awal yang sangat penting dalam menjalankan strategi marketing. Dengan bantuan IAM.id, Sobat brand bisa mendapatkan pondasi yang kuat untuk membangun brand yang tahan lama dan relevan. Jadi, udah siap belum brand Sobat buat naik level?
Yuk join IAM.id!
Comments
No Comment yet