Memudahkan dalam Promosi, Berikut 4 Fitur Unggulan Instagram Bisnis
(Unsplash/Souvik Baneerjee)
Pemilik brand yang ingin mempromosikan dan memasarkan produknya di media sosial, siapa sih yang gak pake platform Instagram? Pasti semua punya akun di Instagram untuk promosinya.
Nah, khusus untuk penunjang bisnis, Instagram memiliki Instagram Bisnis. Tentunya fitur yang dimiliki sangat jempolan deh untuk promosi produk sebuah brand. Apa saja fitur unggulan yang ada di Instagram Bisnis? Berikut IAM.ID merangkumnya di bawah ini!
1. Auto Reply dan Quick Reply
Biasanya yang memutuskan konsumen beli produk kita adalah kepuasan. Dan biasanya, sebelum mereka beli akan tanya-tanya mengenai ketersediaan produk, fitur, kelebihan dan pertanyaan lainnya.
Baca juga: 4 Alasan Penting Kenapa Key Opinion Leader Berpengaruh bagi Sebuah Brand
Maka calon pembeli akan menanyakan itu di direct message atau DM. Tak jarang pemilik bisnis terlambat atau bahkan tidak menjawab pertanyaan tadi, sehingga konsumen yang potensial membeli produk akan lari ke produk kompetitor.
Dalam menyiasati hal tersebut, Instagram memiliki fitur auto reply untuk setiap pesan yang masuk ke DM. apalagi dengan fitur quick reply ini memungkinkan SobatIAM menyimpan format jawaban agar dapat digunakan menjawab pertanyaan sejenis. Memudahkan bukan?
2. Instagram Shopping
Sekarang banyak platform yang menjadikan mereka sebagai marketplace juga nih. Dan Instagram punya fitur Instagram Shopping dalam penunjang berbelanja. Melalui Instagram Shopping, pemilik brand bisa menyimpan sejumlah produk dalam bentuk katalog dan bisa memudahkan transaksi bagi konsumen yang ingin berbelanja.
Baca juga: 3 Faktor Konten yang Dibuat Memengaruhi Jangkauan Audiens di Instagram
Apalagi Instagram Shopping ini jadi salah satu fitur yang sering dipakai oleh para pemilik brand, karena mereka bisa dengan mudah mengunggah produk mereka, dan calon konsumen bisa membelinya hanya dengan satu platform saja.
3. Schedule post
Salah satu tips untuk meningkatkan engagement rate (ER) sebuah akun brand yakni dengan cara rajin upload konten. Namun, terkadang para pemilik brand ini lupa untuk menjadwalkan kontennya.
Di fitur Instagram Bisnis ini, para pemilik akun bisa menjadwalkan unggahan konten agar lebih teratur dengan melalui Facebook Business Suite and Business Manager Overview.
Baca juga: Sebelum Konten Mau FYP, Pertimbangkan Hal Berikut Ini Saat Membuat Konten
Melalui fitur ini SobatIAM tinggal mengunggah konten yang ingin dibagikan dan mengatur jadwalnya. Maka dengan demikian konten tidak akan terlewatkan lagi dan sesuai dengan jadwal yang ada.
4. Facebook Ads
Selain fitur gratisan yang bisa dimanfaatkan para pengguna Instagram Bisnis, ada fitur yang bisa digunakan juga nih namun berbayar, melalui Facebook Ads.
Melalui fitur ini SobatIAM bisa memasang iklan dengan biaya yang terbilang murah, dan bisa mengatur strategi kampanye dengan baik.
Baca juga: IAM.ID Sabet Juara 1 dalam Ajang Kazee Innovation Award Tahun 2023
Sebelum memasang iklan melalui Facebook Ads, pemilik brand harus tahu target pasar yang ingin disasar dari akun bisnis kalian. Jangan lupa juga untuk gunakan testing untuk mengetes iklan seperti apa yang berhasil.
Nah, itu tadi beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan para pemilik bisnis agar promosi dan pemasaran menjadi lebih optimal. SobatIAM sudah pake fitur apa saja nih?
Comments
No Comment yet