Media Sosial Mana yang Menjadi Tren di Tahun 2023? Berikut Penjelasannya!
(Freepik/pikisuperstar)
Bagi rekan brand semua, mungkin di tahun ini sudah banyak tren yang dialami, atau bahkan campaign yang sudah dijalankan melalui channel pilihan.
Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru, tentunya perlu disikapi dengan optimis dan lebih baik, terutama terkait soal perkembangan media sosial nih. SobatIAM pasti menduga-duga nih, kira-kira media sosial mana nih yang menjadi tren di tahun depan?
Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, simak penjelasan yang sudah iam.id rangkum dari berbagai sumber ini yuk!
1. TikTok masih mendominasi
Seperti dilansir dari Hootsuite, ternyata media sosial TikTok akan masih mendominasi seperti tahun ini lho, SobatIAM. Hal ini dibuktikan dengan inovasi dan fitur yang berkembang dari waktu ke waktu nih.
Contohnya saja dulu TikTok hanya menyediakan video pendek berdurasi 15 detik saja, namun sekarang bisa lebih lama hingga 10 menit coba. Keren kan?
Baca juga: Kenali 5 Strategi Promosi Lewat TikTok Biar Makin Nampol!
Bukan hanya sebagai competitor YouTube, TikTok juga ingin menjadi social commerce yang akan memanjakan para penggunanya saat berbelanja. Udah berambisi menjadi medsos nomor satu nih!
2. Instagram masih populer dengan reelsnya
Selain TikTok, media sosial Instagram pun masih memprioritaskan video-based content khususnya reels. Melalui reels ini, bisa mengandalkan algoritma pengguna untuk mendapatkan jangkauan penonton yang lebih luas nih.
Cocok nih bagi influencer dalam pengembangan konten, untuk membantu Menyusun strategi yang tepat, reels juga bisa membantu rekan influencer dalam menjangkau target yang lebih luas, asalkan memahami perbedaan video yang sifatnya jangka panjang dan video yang jangka pendek seperti mengikuti tren yang ada.
Baca juga: Siap-Siap! Berikut 5 Tren Influencer Marketing yang Perlu Brand Tahu
Pada tahun 2023, Instagram pun masih menjadi platform yang akan digunakan oleh brand lho, karena memiliki pengguna aktif harian sebanyak 1,5 miliar pengguna, bahkan mengungguli TikTok pada pengguna dengan rentang umur 16-24 tahun. Termasuk fitur ads yang sudah ada lebih dulu ketimbang TikTok.
3. Twitter sulit diprediksi
Setelah beralih pemilik dan diboyong oleh Elon Musk, rasanya Twitter untuk tahun depan tidak terprediksi akan seperti apa nih SobatIAM.
Bahkan menurut laporan dari Social Media Today, Elon Musk Pernah bilang bahwa akan menarik biaya untuk subscription untuk kebutuhan komersial atau pemerintah. Hal ini yang menjadi pertimbangan para brand apakan ingin terus melancarkan strategi social media marketing di platform burung biru ini atau tidak nih.
Baca juga: Membanggakan! IAM.id Menjadi 10 Besar Inovator Pahlawan Digital UMKM 2022
Meski demikian, tidak sedikit lho para influencer melakukan campaign di Twitter dan berhasil memengaruhi banyak orang. Kita tunggu bersama saja nih keberlangsungan Twitter tahun depan!
4. LinkedIn jadi tempat yang lebih personal
Jika sebelumnya kita mencari pekerjaan di LinkedIn, mungkin fungsi utamanya tetap tidak akan berubah. Di tahun 2023, diprediksi aplikasi pencari kerja ini lebih dari sekedar tempat cari kerja.
Walaupun terkesan media sosial untuk profesional, saat ini LinkedIn tidak melulu bahas soal karir, sudah banyak juga unggahan yang bersifat personal.
Makin banyak yang bisa memanfaatkan pendekatan personalnya di LinkedIn nih pada tahun 2023!
Itu tadi beberapa media sosial yang diprediksi akan menjadi tren. Pastinya akan banyak perbedaan dan pembaharuan yang akan berkembang ke depannya nih. Sebagai influencer, tentu perubahan yang cepat ini harus dimanfaatkan nih!
Comments
No Comment yet