Mari Mengenal Instagram Ads dan Endorse, Mana yang Lebih Efektif?
(Pexels/Liza Summer)
Awal-awal merintis usaha, dan mulai terjun ke media sosial, pasti rekan brand menemukan kebingungan seperti “mending langsung pasang ads atau coba endorse influencer dulu ya?”
Wajar memang jika bingung, pasalnya kedua hal tersebut bisa sangat menguntungkan dari segi promosi nih. Tetapi sebelum jauh ke sana, sudah kenal dengan ads dan endorse belum nih?
Jika belum, simak informasi yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini yuk terkait Instagram ads vs endorsement.
Apa itu Instagram Ads?
Instagram Ads merupakan platform iklan berbayar yang disediakan oleh Instagram untuk mempermudah para pelaku bisnis dalam memasarkan produk atau brand mereka, bisa lewat Instagram feeds atau bahkan stories.
Bahkan platform ini juga dikelola pada Facebook ads manager sehingga bisa memberi akses pada pengiklan ke berbagai opsi penargetan, biar sesuai sasaran dan ingin menyasar target audiens yang mana, mulai dari gender, usia, tempat tinggal, gadget yang digunakan dan masih banyak lagi.
Baca juga: Cara Mudah Menjual Produk Melalui Fitur Instagram Shopping
Biaya yang dikeluarkan SobatIAM untuk ads ini bervariasi, menyesuaikan dengan tipe iklan yang mau dipilih nih. Sesuai budget yang ada aja tentunya, namun biasanya biaya iklan Instagram ini jauh lebih murah kok, ketimbang biaya iklan media lain seperti endorse influencer.
Apa itu Endorsement?
Nah, setelah mengetahui apa itu Instagram Ads, mari sama-sama lebih mengenal apa itu endorsement yuk SobatIAM.
Endorsement atau yang akrab kita sebut endorse ini merupakan iklan berbayar menggunakan jasa influencer, artis, tokoh terkenal, selebritis, KOL yang punya pengaruh tinggi di depan audiens.
Pengaruh di sini beragam, bisa karena dia kompeten di bidangnya karena profesional bahkan memiliki pengikut yang banyak nih.
Baca juga: Kenali 4 Manfaat Mengunggah Konten Instagram Story untuk Kebutuhan Bisnis
Pada dasarnya jenis promosi endorse ini bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan karena mayoritas audiens banyak menggunakan media sosial. Namun sebelum menggunakan jasa influencer, diperlukan riset lebih dalam dulu ya.
Mana yang lebih efektif antara keduanya?
Sampai lah kita di ujung topik awal, sebetulnya mana nih yang lebih efektif dalam promosi sebuah brand? Jawabannya SobatIAM bisa mencoba keduanya langsung nih. Pasalnya promosi ini tidak bisa dipukul rata dan tergantung jenis produk, jasa, harga dan siapa target audiensnya.
Sebaiknya coba keduanya ya, biar tahu mana yang lebih efektif dari endorse atau ads ini. Semuanya Kembali ke minat, jenis produk, harga, budget yang dimiliki dan masih banyak aspek lainnya.
Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Engagement untuk Akun Instagram Sebuah Brand
Setelah mencobanya, pasti deh SobatIAM punya pakeman yang sesuai dengan jenis bisnis yang sudah dijalankan. Sudah siap mencoba cara promosi yang efektif untuk produk kamu?
Comments
No Comment yet