Konsistensi Ngonten di Media Sosial: Definisi dan Fakta Sebenarnya
Konsistensi merupakan faktor penting dalam pertumbuhan akun media sosial baik bagi brand maupun influencer, konten yang teratur dan relevan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pengikut di dunia digital. Jadwal posting yang konsisten dan identitas visual yang khas akan menjaga pengikut tertarik dan terlibat. Fokus pada niche tertentu juga membantu membangun audiens yang setia. Hal ini juga termasuk membalas komentar dan berinteraksi dengan konten pengguna lainnya.
Untuk mengupas tuntas tentang pentingnya konsistensi ngonten di platform media sosial, simak penjelasan berikut.
(sumber: Andrew Neel/ Unsplash)
Baca juga: Wujudkan Resolusi 2024 dengan 5 Strategi Ngonten Ter-update di Instagram
1. Mengapa Harus Konsisten?
Konsistensi konten di media sosial sangat penting dalam membangun kehadiran dan reputasi online. Konten yang teratur dan terus menerus dikirimkan kepada target audiens dapat membantu membangun identitas merek yang kuat, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan memperluas jangkauan konten. Keuntungan dari konsistensi adalah membangun pengetahuan dan pemahaman terhadap merek, produk, atau layanan yang ditawarkan. Pengguna juga akan terbiasa dengan apa yang ditawarkan dan cenderung mencari informasi lebih lanjut atau berinteraksi dengan konten tersebut.
2. Apa yang Menjadi Fokus?
Fokus dalam konsistensi diarahkan pada 3 hal, yaitu:
a. Pesan yang Ingin Disampaikan
Pesan yang disampaikan secara berulang- ulang akan menghasilkan pemahaman, cobalah untuk menganalisis sebuah kasus dan membahasnya dengan cara berbeda di dalam konten.
b. Visual
Fokus pada visual artinya memiliki identitas visual yang konsisten mencerminkan nilai brand yang membantu membangun pemahaman terhadap brand.
c. Interaksi Sosial
Memposting dan berinteraksi secara teratur adalah kunci untuk membangun kesetiaan dan hubungan interaksi yang baik dengan pelanggan.
Baca juga: 5 Trend Strategi Influencer Marketing Tahun 2024 Untuk Brand
3. Bagaimana Caranya?
Untuk menjaga konsistensi, dibutuhkan sebuah sistem di dalamnya yang meliputi 3 hal berikut:
a. Posting
Buatlah jadwal posting yang teratur dan relevan. Konten yang terjadwal dan terstruktur membantu dalam konsistensi dan membentuk habit pembuatan konten sehari- hari.
b. Branding
Template yang unik mewakili nilai dan identitas sebuah brand. Bangun konten pilar untuk menyampaikan pesan, pertama identifikasi brand dan nilai- nilainya, kemudian pilih desain visual yang konsisten dengan brand dan sesuai target audiens. Dengan template dan konten pilar yang konsisten, pesan dapat disampaikan dengan lebih baik.
c. Engagement
Habiskan setengah jam setiap hari untuk meninggalkan komentar positif pada akun dengan niche yang spesifik dan balaslah pesan serta komentar dari pengikut. Dengan memberikan komentar yang bermakna dan relevan, menunjukkan minat dan kepedulian atas topik yang dibahas. Selain itu, membalas komentar pengikut dapat memperkuat ikatan dan membuat mereka merasa dihargai.
Jadi, konsistensi bukan berarti harus posting konten setiap hari, tapi lebih dari itu, konsistensi merupakan sebuah keteraturan dan relevansi dalam membuat dan memposting konten. Keteraturan ngonten tidak harus setiap hari, tapi bisa beberapa kali setiap minggunya, yang penting bagaimana sebuah akun tetap menjaga jangkauannya agar tetap meningkat dan bertumbuh.
Baca juga: Siap Kembali Viral? Simak 6 Perubahan Algoritma Instagram di Tahun 2024
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!