Ketahui 6 Panduan Praktis Memilih Influencer yang Tepat untuk Kampanye Brand
Bagi brand yang baru memulai dalam menjalankan strategi influencer marketing, ada beberapa hal yang harus diketahui ketika memilih influencer yang tepat untuk kampanye brand.
Berikut IAM.id rangkum beberapa langkah yang bisa dijadikan panduan praktis dalam memilih influencer marketing yang tepat untuk mewujudkan kampanye brand yang efektif.
(Sumber: Freepik)
Baca juga: Pahami 7 Teknik Optimasi Media Sosial Untuk Brand dan Influencer Pemula
1. Relevan dengan Niche dan Audiens Target
Fokus pada influencer yang aktif dalam niche yang relevan dengan tujuan brand dan produk atau jasa yang ingin ditawarkan karena keberadaan dalam niche dapat meningkatkan keaslian dan relevansi, begitu juga halnya dengan audiens target.
2. Evaluasi Kredibilitas dan Kemampuan Kolaborasi
Periksa sejarah dan reputasi influencer dan pastikan mereka memiliki kredibilitas di mata pengikutnya. Perhatikan juga apakah influencer terlibat dalam aktivitas atau kontrovensi yang dapat merugikan brand. Pertimbangkan apakah influencer memiliki pengalaman bekerjasama dengan merek sejenis atau seukuran dengan brand, lalu tinjau bagaimana mereka berkolaborasi dengan merek sebelumnya.
3. Analisis Jangkauan dan Keterlibatan
Evaluasi jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan influencer dan pastikan bahwa pengikutnya aktif dan berinteraksi dengan konten yang telah dibuat. Amati influencer apakah mereka memiliki pengikut setia dan pertimbangkan apakah keterlibatan mereka dapat membantu membangun loyalitas merek.
Baca juga: 5 Trend Strategi Influencer Marketing Tahun 2024 Untuk Brand
4. Kelola Keberagaman dan Representasi
Pilih influencer yang mempromosikan keberagaman dan representasi positif dan pastikan produk dari brand tercermin dengan baik melalui pilihan influencer.
5. Teliti Konten Lebih Dalam
Tinjau konten yang telah dibagikan oleh influencer dan pastikan bahwa kualitas kontennya memenuhi standar dan nilai- nilai yang dibawa brand. Pastikan juga gaya dan nilai influencer sejalan dengan image brand, serta upayakan kerjasama dengan influencer yang dapat menyampaikan pesan dari brand secara konsisten.
6. Periksa Metrik dan Analitik
Gunakan alat analitik sosial untuk memeriksa performa influencer dan fokus pada metrik yang relevan dengan tujuan kampanye, seperti konversi atau keterlibatan. Bisa juga dengan menggunakan calculator engagement rate IAM.id di sini.
Baca juga: Tips Brand dan Influencer Menghadapi Awal Tahun 2024
Nah itu dia 6 panduan praktis dalam memilih influencer marketing yang tepat untuk kampanye brand yang optimal. Namun kini brand bisa mempercayakan IAM.idsebagai solusi manajemen kampanye influencer marketing yang efektif dan efisien.
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!
Comments
No Comment yet