Kenali Gimmick yang Efektif di Media Sosial, Apakah Itu?
Pernahkah Sobat melihat brand atau influencer melakukan sesuatu yang unik dan langsung viral di media sosial? Nah, itu bisa jadi adalah gimmick. Gimmick di media sosial udah sering banget digunakan penggunanya dengan tujuan mencuri perhatian audiens dalam waktu singkat. Tapi, sebenarnya gimmick itu apa sih? Dan kenapa sering dipakai di media sosial?
Baca juga: Yuk Pecahkan Mitos Umum Seputar Influencer Marketing System di Indonesia
Pengertian Gimmick
Gimmick adalah penggunaan trik atau strategi kreatif yang dimaksudkan buat menarik perhatian audiens. Biasanya gimmick memang sengaja dirancang sedemikian rupa biar orang- orang jadi penasaran atau terhibur sehingga mereka pun jadi tertarik buat membicarakan, menyukai, save, bahkan membagikan konten tersebut. Di media sosial, gimmick bisa berwujud dalam berbagai bentuk konten dari yang nyeleneh, lucu, bahkan yang mengundang kontroversi, semua tergantung dari tujuan campaign.
Kenali Gimmick yang Efektif di Media Sosial, Apa Itu? (Sumber: Freepik)
Baca juga: Memahami Perbedaan antara Mikro, Makro, Mega, Nano Influencer, dan Buzzer dalam Influencer Marketing
Contoh Gimmick di Media Sosial
Contoh gimmick yang sukses di media social sudah banyak lho, mulai dari challenge viral, giveaway dadakan, hingga penggunaan filter aneh nan lucu yang bisa bikin orang tertawa. Kalau ada brand makanan yang tiba- tiba bikin menu gila yang bikin penasaran dan minta followers mereka buat ikut nyobain. Selain itu, ada juga influencer yang bikin tantangan dance absurd dan ternyata viral. Intinya, gimmick itu harus out of the box supaya bisa membekas di ingatan audiens.
Baca juga: Jangan Kerjasama dengan IAM.id Kalau Brand Kamu Gak Mau Terkenal!
Kenapa Gimmick Populer?
Alasan utama gimmick begitu populer adalah karena sifatnya yang bisa langsung mendongkrak engagement. Mengingat banyak konten yang berseliweran di feed media sosial, gimmick bisa sangat membantu sebuah brand atau individu supaya lebih menonjol. Gak cuma itu, gimmick juga bisa banget bantu meningkatkan interaksi dengan audiens karena orang tentu lebih senang membicarakan hal- hal yang unik dan berbeda.
Baca juga: Pahami Alasan Penting Strategi Influencer Marketing dalam Membangun Kredibilitas Brand
Tips Membuat Gimmick yang Efektif
Jika Sobat IAM ingin coba manfaatin gimmick untuk bikin konten di media sosial, pastikan Sobat membuatnya dengan strategi yang matang. Ini dia IAM kasih tipsnya ya!
1. Kenali dulu Siapa Audiensmu
Pastikan gimmick yang dibuat udah sesuai dengan karakter audiens. Jangan sampai gimmick malah tidak relevan atau justru membingungkan.
2. Jangan berlebihan
Gimmick yang bagus adalah yang menarik tapi tetap sesuai dengan citra brand atau persona Sobat.
3. Gunakan momen yang tepat
Timing adalah segalanya. Jangan ketinggalan sama tren yang lagi hits dan gunakan momentum itu untuk gimmick yang fresh dan relevan.
Baca juga: Maksimalkan Personal Branding Politisi di Media Sosial dengan IAM.id
Gimmick merupakan salah satu strategi kreatif yang udah sering dipakai di media sosial buat menarik perhatian. Walau begitu, jangan asal bikin gimmick tanpa perhitungan ya, Sobat. Selalu pastikan gimmick yang dibuat sudah relevan, menghibur, dan tetap mencerminkan tujuan utama campaign. Ok?