Inspirasi 3 Brand Dunia yang Sukses Memanfaatkan AI untuk Pemasaran
Dulu, penerapan kecerdasan buatan (AI) dianggap tidak masuk akal dan hanya ada dalam cerita fiksi ilmiah, namun kini AI sudah menjadi bagian yang nyata dalam kehidupan sehari- hari.
Selain telah terbukti memberikan kemudahan dan meningkatkan kualitas hidup manusia sehari- hari seperti halnya ponsel, AI juga bermanfaat dalam mengembangkan upaya pemasaran digital di banyak bisnis.
(Sumber: Pexels)
Nah, buat sobat IAM yang tertarik untuk menerapkan AI dalam bisnisnya, bisa menjadikan perusahaan kelas dunia yang sukses ini sebagai inspirasi karena mereka sudah berhasil meningkatkan pemasarannya dengan bantuan teknologi AI.
1. Starbuck
Awalnya, raksasa kopi Starbuck membuka layanan "My Starbucks Barista" untuk memudahkan pelanggan dalam memesan dan mengubah pesanan dengan titik lokasi pengantaran dan penjemputan. Kesuksesan aplikasi My Starbucks Barista ini membuat Starbuck memperluas inovasi AI-nya dengan pembuat espresso Mastrena II, mesin pembuat kopi yang lebih konsisten dan efisien.
2. The Economist
Perusahaan publikasi digital The Economist mulai mengalami penurunan jumlah pembaca di tahun 2017. Untuk mengatasi hal tersebut, publikasi ini memanfaatkan AI demi meningkatkan kembali minat pembaca bahkan menambah jumlah pembaca baru yang setia. Dari proses periklanan terprogram, pengguna bisa membeli dan menjual iklan secara mandiri. Dengan proses ini, The Economist mampu menganalisis data konsumen, termasuk kebiasaan dan preferensi membaca tertentu, sehingga The Economist menemukan cara terbaik untuk meningkatkan kembali jumlah pembacanya, terbukti dengan adanya peningkatan sebesar 9% (90.000 pembaca setia baru) selama tahun 2020.
3. Netflix
Salah satu yang membuat layanan streaming Netflix menjadi yang terdepan adalah karena Netflix menggunakan teknologi pembelajaran mesin berbasis AI untuk memberikan rekomendasi dan saran yang lebih tepat kepada penggunanya. Ya, pengalaman pengguna (UX) sangat penting bagi kesuksesan sebuah bisnis karena ketika pengguna memiliki pengalaman terbaik, maka pengguna biasanya akan menyebarluaskan pengalaman positifnya secara online. Selain itu, netflix juga mengoptimalkan kualitas streaming secara otomatis yang membuatnya terhindar dari masalah buffering.
Nah, jadi itu dia 3 Brand ternama dunia yang memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman terbaik bagi para konsumennya, bahkan AI juga dapat mengatasi masalah penurunan penjualan.
Di Indonesia pun sudah banyak perusahaan yang berhasil mengimplementasikan teknologi AI untuk meningkatkan pemasaran dan efisiensi, karena tidak dapat dipungkiri, konten dengan AI dan AI itu sendiri kini sudah menjadi hal yang harus kita pelajari agar tidak tertinggal.
Jangan lupa baca juga Kumpulan Artikel lainnya ya!
sumber: