Influencer dan Pemilik Brand Harus Tahu, Ini 5 Tips Membuat Caption yang Menarik!
(Freepik/tirachardz)
Setiap konten yang dipublikasikan di media sosial, pasti inginnya yang menarik dan enak dipandang, sehingga banyak yang komen, like dan save. Dan terkadang dari mereka melupakan tulisan yang menyertai konten tersebut.
Padahal, di media sosial, caption dari unggahan konten pun sangat berpengaruh besar terhadap engagement sebuah media sosial.
Maka dari itu, berikut beberapa tips yang bisa SobatIAM ikuti dalam pembuatan caption yang menarik dan catchy. Simak penjelasan yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini yuk!
1. Tahu siapa target audiens yang disasar
Sebelum menulis caption, alangkah baiknya untuk menentukan persona dari melihat karakteristik sebuah akun atau target audiens yang disasar.
Misalnya ingin menyasar anak muda, maka caption yang harus ditunjukkan adalah tulisan yang santai dan tidak kaku.
Baca juga: 4 Tips Biar Konten Influencer Masuk Explore Instagram
Karena dengan mengetahui siapa target yang disasar, pemilik brand atau influencer bisa lebih dekat dengan audiens, karena tahu kebutuhan dan keinginan mereka seperti apa. Sesuaikan dengan minat ya!
2. Tunjukkan personality
Dalam menarik minat para followers, kita harus punya ciri nih agar bisa membedakan kita dengan orang lain yang memiliki minat yang sama.
Contoh mudahnya jika SobatIAM sebagai influencer, ciri khas yang akan ditonjolkan dan dikenal seperti apa? Apakah ingin menjadi orang yang humoris dan lucu atau kaku?
Baca juga: 4 Cara Menambah Followers Bagi Influencer Pemula di Instagram
Karena dengan persona, kita bisa eksplorasi hal yang ingin kita tunjukkan kepada orang-orang, dan ini yang akan menjadi ciri yang melekat kepada diri kita.
3. Jangan buat tulisan yang terlalu panjang
Agar konten yang kita buat tidak dilewati begitu saja oleh para target audiens, maka buatlah caption yang singkat dan padat.
Caption yang panjang dan bertele-tele para followers akan menganggap bahwa postingan kita itu membosankan nih.
Baca juga: Cara Mudah Menjual Produk Melalui Fitur Instagram Shopping
Oleh karena itu, buatlah kalimat yang menarik, maka followers akan berhenti sejenak ke unggahan kita dan membacanya sampai selesai.
4. Curi perhatian dengan kalimat pertama
Biasanya orang mau berhenti di konten yang kita buat karena ada yang bikin menarik bukan? Nah sama halnya dengan caption nih, mereka mau baca dan berhenti asalkan ini menarik.
Kalimat pertama pada caption adalah hal penting yang menentukan para followers akan menghabiskan waktunya untuk membaca atau tidak.
Baca juga: Kenali 4 Manfaat Mengunggah Konten Instagram Story untuk Kebutuhan Bisnis
Biasanya meletakkan informasi atau kalimat persuasif akan menarik perhatian mereka. Memang tidak sekali berhasil, karena perlu banyak latihan nih!
5. Jangan lupa untuk sematkan CTA
Tips yang terakhir dalam pembuatan caption ini adalah menyertakan kalimat ajakan atau Call to Action (CTA).
CTA biasanya bertujuan sebagai instruksi kepada para followers agar mereka mau memberikan tanggapan di suatu postingan.
Misalnya menanyakan pengalaman mereka yang relate dengan unggahan, saran atau pertanyaan yang ingin diajukan kepada si pemilik brand atau influencer.
Nah, sudah tahu bukan bahwa menulis caption ini tidak asal dan perlu memperhatikan hal penting, seperti menentukan persona dan target audiens yang ingin disasar, serta melibatkan ajakan, agar followers SobatIAM mau berhenti dan membaca sampai akhir.
Comments
No Comment yet