Influencer Rank dan Manfaatnya untuk Memilih Partner Marketing yang Tepat
Sekarang semua serba digital, jadi masalah pemilihan partner marketing yang tepat ini penting banget buat brand sebagai salah satu penentu kesuksesan campaign. Nah, salah satu yang bisa dipakai brand dalam memilih mitra pemasaran yang pas adalah dengan memanfaatkan influencer rank. Tapi sebenarnya apa sih influencer rank itu? Kenapa bisa bermanfaat buat menentukan influencer yang tepat? Dan bagaimana cara memanfaatkannya?
Baca juga: Mau Tau Gimana IAM.id Memberi Peringkat pada Influencer? Yuk Simak Rahasianya!
Apa Itu Influencer Rank?
Influencer Rank merupakan system peringkat yang dihasilkan dari menilai influencer berdasarkan beberapa factor penting seperti engagement rate, reach hingga originalitas dan kreatifitas konten buatan influencer. Jadi, influencer rank memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang siapa influencer yang betul- betul bisa memberikan dampak positif bagi brand alih- alih hanya memilih influencer berdasarkan jumlah followersnya saja.
Baca juga: Simak Yuk Bagaimana IAM.id Memantau Konten yang Tepat dan Berkualitas
Kenapa Influencer Rank Penting?
Banyak brand sering tergoda untuk kerjasama dengan influencer yang punya banyak followers. Pada kenyataannya, tidak semua influencer dengan followers besar punya engagement yang baik lho. Untuk itulah Influencer Rank berperan karena peringkat ini membantu brand menyaring influencer yang gak cuma populer, tapi juga mampu membawa engagement dan hasil nyata.
Influencer Rank dan Manfaatnya untuk Memilih Partner Marketing yang Tepat. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Yuk UMKM, Atasi Tantangan Influencer Marketing dengan IAM.id!
Cara Menggunakan Influencer Rank untuk Memilih Influencer
1. Tentukan Tujuan Campaign
Sebelum menjalankan campaign, tentu saja brand harus memperjelas tujuan campaign. Apakah brand ingin meningkatkan brand awareness, engagement, atau langsung mengarahkan penjualan? Karena influencer dengan rank tinggi di engagement belum tentu cocok lho untuk campaign yang berfokus pada konversi penjualan.
2. Lihat Engagement Rate
Engagement rate dibutuhkan untuk memastikan bahwa influencer tersebut benar- benar bisa mempengaruhi audiens, bukan yang hanya punya banyak followers. Influencer dengan engagement rate yang tinggi biasanya juga lebih bisa membangun hubungan dengan audiens mereka.
3. Perhatikan Relevansi Niche
Niche merupakan hal yang pasti terlihat pertama kali karena biasanya niche ini melekat kepada individu influencer. Influencer dengan rank tinggi di kategori tertentu mungkin tidak relevan untuk niche brand. Jadi kalau influencer fashion mungkin gak cocok buat mempromosikan produk teknologi. Cek Influencer Rank berdasarkan kategori atau niche yang sesuai dengan brand dan produk ya.
Baca juga: Gali Niche Konten dari 6 Isu Menarik di 2024 untuk Menarik Gen Z
4. Cek Otentisitas
Gempuran otomatisasi membuat brand harus lebih pintar memilih influencer yang benar- benar memiliki otentisitas di kontennya. Nah, karena ini hal yang lumayan sulit, jadi influencer rank bisa sangat membantu. Pasalnya, beberapa influencer mungkin terlihat bagus di atas kertas, tapi apa mereka benar- benar punya hubungan yang otentik dengan pengikutnya? Influencer Rank selain sudah mencakup kuantitas konten, juga mencakup metrik yang menilai otentisitas dan kualitas konten.
Baca juga: 4 Pengaruh Influencer Terhadap ORM dalam Menjaga Citra Positif di Era Digital
5. Analisa Performa Campaign Sebelumnya
Influencer Rank juga bisa menampilkan data tentang performa campaign sebelumnya lho! Jadi, brand bisa banget melihat efektifitas influencer dalam bekerjasama dengan brand lain sebelumnya. Apakah mereka akan mampu mencapai target campaign yang serupa dengan tujuan brand-mu.
Nah itu dia 5 cara manfaatkan influencer rank biar brand gak salah pilih partner marketing. Brand memang semakin dituntut untuk berhati- hati dalam memilih influencer agar tujuan tercapai. Untuk itulah influencer rank ada untuk membantu brand melihat metrik secara menyeluruh seperti engagement, relevansi serta originalitas. Dengan memperhatikan lebih dari Cuma jumlah followers, brand bisa lebih yakin memilih influencer yang juga memberikan dampak nyata untuk brand.
Gimana? Udah siap menemukan influencer yang tepat dengan Influencer Rank?
Join IAM.id sekarang!