4 Pengaruh Influencer Terhadap ORM dalam Menjaga Citra Positif di Era Digital
Menurut Sobat IAM, Bagaimana sih pengaruh influencer terhadap Online Reputation Management (ORM)? Terus, Bagaimana juga ya Cara menjaga Citra positif di Era digital seperti sekarang ini? Nah, mau tau Kan jawabannya? Yuk, langsung aja kita bahas bagaimana cara memanfaatkan kekuatan influencer untuk memperkuat citra positif brand?
Baca juga: Pentingnya Transparansi dalam Membentuk Persepsi Publik di Layanan ORM IAM.id
Apa Itu ORM dan Kenapa Penting?
ORM merupakan proses mempertahankan dan membangun citra positif brand secara online. Sobat IAM jelas sudah tau bahwa kini informasi gampang menyebar secepat kilat, jadi penting banget untuk memastikan citra brand tetap baik dan terjaga tidak hanya di dunia offline tapi juga di dunia online. ORM bukan melulu tentang menangani masalah atau krisis lho Sobat, tapi juga tentang bagaimana membangun kepercayaan dan kredibilitas di mata audiens.
Baca juga: 5 Alasan Kenapa Brand Harus Mencoba Layanan ORM IAM.id
Peran Influencer dalam ORM
Influencer adalah sekelompok orang yang punya pengikut dan pengaruh besar di media sosial sehingga bisa membantu membentuk opini publik tentang sebuah brand. Lalu sebenarnya gimana sih pengaruh influencer terhadap ORM? Simak yuk pembahasannya!
1. Meningkatkan Kredibilitas Brand
Influencer biasanya punya followers setia yang juga sangat percaya dengan pendapat mereka, jadi ketika seorang influencer merekomendasikan sebuah brand, peningkatan kredibilitas brand tersebut juga meningkat. Followers juga lebih menganggap rekomendasi tersebut sebagai endorsement yang valid dan bisa berkontribusi pada citra positif brand.
4 Pengaruh Influencer Terhadap ORM dalam Menjaga Citra Positif di Era Digital. (Sumber: Freepik)
Baca juga: 3 Langkah IAM.id dalam Membantu Brand Menjalankan ORM yang Efektif
2. Menyebarkan Pesan Positif
Influencer telah dikenal sudah biasa berbagi konten positif tentang brand, produk, atau layanan yang mereka support. Konten yang dibuat juga bisa termasuk review produk atau layanan, testimoni, ataupun cerita tentang pengalaman mereka. Nah, pesan positif ini yang diharapkan brand bisa menjangkau audiens lebih luas lagi dan memperkuat citra bisnis.
3. Mengelola Krisis dan Isu Negatif
Ada kalanya brand menghadapi kritik bahkan terpaan isu negatif. Jangan khawatir, karena influencer bisa membantu mengelola situasi ini dengan membuat konten yang memberikan dukungan positif terkait brand. Jadi kalau ada masalah dengan produk, influencer bisa lho bantu brand menyebarkan pesan tentang perbaikan atau tindakan yang diambil oleh brand untuk menyelesaikan masalah.
Baca juga: Lebih Dekat dengan Layanan ORM, Kenali Dua Alur Pengerjaan ORM di IAM.id
4. Meningkatkan Keterlibatan dan Interaksi
Influencer sejatinya bukan cuma mempromosikan Produk atau Brand lho Sobat, tapi juga berinteraksi dengan audiens mereka. Keterlibatan inilah yang menciptakan diskusi positif tentang brand kamu. Semakin banyak orang berbicara tentang brand secara positif, Maka semakin baik citra online mereka.
Dari 4 poin penting di atas bisa disimpulkan bahwa ternyata influencer bisa menjadi aset berharga dalam strategi ORM brand dikarenakan kemampuan mereka dalam membentuk, membangun, bahkan mempertahankan citra positif brand di ranah digital. Jadi yuk belajar untuk bisa memilih influencer yang pas dengan brand serta menerapkan strategi cerdas supaya bisa memanfaatkan kekuatan mereka untuk mendukung dan memperkuat citra Brand.
Baca juga: Kenali 6 Menu Lengkap Dashboard IAM.id dalam Sistem Layanan ORM
Jangan ragu untuk join IAM.id dan memulai kolaborasi dengan Influencer ya!