Cara Kerja Algoritma Instagram Tahun 2023 yang Mesti Rekan Brand Tahu!
Saat ini, banyak pemilik usaha atau brand yang mengkampanyekan produk mereka lewat media sosial. Walaupun TikTok menjadi platform yang pertumbuhannya pesat, namun Instagram menjadi platform yang tidak akan tergantikan untuk kebutuhan branding serta marketing.
Di Instagram, konten yang kita buat kemungkinan besar bisa masuk ke beranda orang, nah itulah yang dinamakan algoritma Instagram, yakni singkatnya sebuah parameter yang menentukan konten mana yang banyak dilihat pengguna lainnya.
Maka dari itu, rekan brand atau seorang influencer dan KOL perlu tahu nih cara kerja algoritma Instagram, biar konten atau campaign yang dijalankan bisa menjangkau banyak audiens. Berikut IAM.ID merangkumnya di bawah ini!
1. Memperhatikan interaksi atau hubungan
Pertama-tama, Instagram mengasumsikan bahwa seseorang yang pernah berinteraksi dengan akun SobatIAM di masa lalu akan tertarik dengan konten terbaru yang diunggah.
Maka dari itu, Instagram biasanya menampilkan unggahan yang pernah berinteraksi dengan akun SobatIAM nih. Mudahnya jika buka Instagram, maka akan disuguhkan unggahan dari akun yang terakhir kali berinteraksi dengan kamu.
Baca juga: 4 Tips Biar Konten Influencer Masuk Explore Instagram
Bisa itu dengan like unggahan, komentar, memberikan tag ke orang tersebut, mention bahkan melakukan direct message. Maka dari itu, penting untuk terus melakukan hubungan dengan orang-orang nih!
2. Menentukan minat atau interest
Misalnya SobatIAM sedang cari-cari unggahan olahraga untuk pola hidup sehat, maka di explore atau beranda tak jarang menemukan hal tersebut bukan?
Nah, inilah yang dinamakan interest, jadi algoritma akan menuntun kamu untuk menampilkan konten yang sesuai minat kamu nih.
Baca juga: 4 Cara Menambah Followers Bagi Influencer Pemula di Instagram
Jika sering memberi likes atau comment pada foto atau video tentang olahraga, atau membuka profil mereka, maka akan muncul konten serupa atau rekomendasi yang akan muncul di beranda Instagram.
3. Konten yang diunggah terbaru diasumsikan konten paling penting
Terakhir, dilansir dari HootSuite, Instagram juga mengasumsikan bahwa unggahan terbaru merupakan konten yang paling penting untuk dibagikan ke orang-orang.
Maka dari itu, di beranda kita pasti akan menampilkan lebih banyak foto dan video yang paling baru diunggah nih.
Sebaiknya SobatIAM yang merupakan seorang influencer atau KOL, bahkan pemilik brand harus terus mengunggah konten terbaru agar menarik minat dan ketertarikan orang-orang.
Baca juga: Cara Mudah Menjual Produk Melalui Fitur Instagram Shopping
Ternyata algoritma ini bisa menguntungkan kita dari segi jangkauan ya bila dilakukan dan diperhatikan dengan baik. Buatlah konten yang sesuai dengan algoritma Instagram agar bisa masuk ke beranda dan explore orang-orang dengan minat yang sama!
Baca juga: Kenali 4 Manfaat Mengunggah Konten Instagram Story untuk Kebutuhan Bisnis
Comments
No Comment yet