CEO IAM.id Berbagi Wawasan tentang The Role & Ethics of AI in The Creator Economy di Kazee Summit 2024
Kazee Summit 2024 telah berhasil digelar dengan seru, terutama ketika tiba saatnya Icha Isana Febriana, CEO IAM.id jadi pembicara dan membahas topik The Role & Ethics of AI in The Creator Economy bersama Indrawan Nugroho, CEO CIAS dipandu oleh moderator Ariya Sanjaya, CEO Kazee. Topik yang gak cuma menarik, tapi juga penting, mengingat kecanggihan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang semakin mempengaruhi dunia kreator serta bagaimana kita semua berinteraksi dengan teknologi. Nah, Sobat IAM pasti penasaran kan? Yuk bahas lebih lanjut tentang insight yang dibagikan oleh CEO IAM.id di acara keren ini!
Baca juga: 5 Prestasi Mengagumkan yang Diperoleh Platform Influencer Marketing Terbaik, IAM.id
Apa Itu Creator Economy dan Mengapa AI Jadi Penting?
Sobat udah tau dong apa sih Creator Economy itu? Creator Economy berarti para creator seperti YouTuber, influencer, penulis, musisi, dan pembuat game yang bisa menghasilkan pendapatan dari konten yang mereka buat. Sekarang udah banyak yang berhasil bikin passion mereka jadi sumber penghasilan dan teknologi digital (termasuk AI) jadi enabler utama dalam proses tersebut.
Icha Isana Febriana, CEO IAM.id Bersama Indrawan Nugroho di Kazee Summit 2024. (Sumber: Dok IAM.id)
Nah, dalam sesi tersebut, Icha menjelaskan bahwa AI punya peran yang sangat besar dalam meningkatkan produktivitas creator karena dengan AI, para creator jadi bisa bikin konten lebih cepat dan efisien.
Baca juga: 8 Strategi Digital Dari Offline ke Online untuk UMKM dari Pahlawan Digital IAM.id
Etika AI: Apa yang Harus Diperhatikan?
Meskipun AI bawa banyak manfaat, Icha juga mengingatkan supaya gak mengabaikan etika karena teknologi canggih ini bisa berdampak besar jika digunakan dengan cara yang salah. Ya, jangan sampai AI dipakai buat bikin konten yang menyesatkan bahkan memanfaatkan data pribadi tanpa izin.
“Di masa mendatang, kehadiran AI dalam kehidupan kita akan menjadi hal yang tak terhindarkan, dan penting bagi kita untuk dapat berkolaborasi dengan AI agar bisa bekerja lebih efektif dan efisien. Apabila dikaitkan di bidang influencer marketing, perkembangan berbasis AI akan terus mengubah lanskap industri ini. Salah satu contohnya adalah meningkatnya peran virtual influencer. Keberadaan mereka dalam pemasaran produk diproyeksikan akan semakin besar dan memberikan keuntungan unik bagi brand yang berani mengeksplorasi pendekatan inovatif.
CEO IAM.id Berbagi Wawasan tentang The Role & Ethics of AI in The Creator Economy di Kazee Summit 2024 (Sumber: Dok IAM.id)
Namun, seiring dengan perkembangan ini, sangat penting bagi kita untuk tetap beroperasi dalam koridor etika dan protokol yang jelas. Dengan begitu, kita bisa memastikan bahwa influencer marketing berbasis AI tidak hanya memberikan hasil yang optimal, tetapi juga menghargai nilai dan harapan dari audiens kita. Ini adalah waktu yang menarik bagi kita yang berada di industri ini, dan saya optimis akan adanya peluang baru yang dibawa oleh AI untuk kita semua”, ujar Icha dengan tegas.
Membangun ekosistem kreatif yang mendukung penggunaan AI secara bertanggung jawab ini juga penting banget. Bisa dengan memberi edukasi kepada kreator dan perusahaan tentang pentingnya privasi, keamanan data, dan transparansi dalam memanfaatkan AI.
Baca juga: Peran Employee Advocacy dalam Personal Branding Profil Karyawan
Bagaimana AI Mempengaruhi Kreator dan Audiens?
Salah satu hal menarik yang dibahas adalah gimana AI bisa bikin pengalaman lebih personal lagi buat audiens. Sebagai kreator, AI sangat bisa membantu mereka memahami preferensi audiens lebih akurat sehingga kreator bisa bikin konten yang lebih menarik lagi. Tapi, seperti yang disinggung oleh Icha, ada tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa data audiens yang dipakai jangan sampai disalahgunakan.
Katakanlah AI bisa membantu kreator buat bikin konten yang lebih sesuai dengan kebutuhan audiens bahkan merekomendasikan ide- ide baru untuk video, musik, atau tulisan berdasarkan pola konsumsi konten yang ada. Namun, semua ini harus dilakukan dengan hati- hati agar audiens tetap nyaman dan gak merasa “dimanipulasi” oleh sistem.
Baca juga: Buat yang Suka Visual Estetik, Simak dulu Seluk Beluk Moodboard di Media Sosial
Sinergi yang Menguntungkan antara Kolaborasi AI dan Kreator
Icha juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara AI dan creator sebagai alat yang memperkuat kemampuan creator karena AI bisa memberi analisis tentang tren terbaru bahkan bisa merancang campaign marketing lebih efektif.
Selain itu, Icha juga membahas tentang Virtual Influencer yang termasuk dalam masa depan AI di dunia kreator termasuk beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Virtual Influencer.
Baca juga: Strategi Efisien, Cepat, dan Kreatif dari IAM.id dalam Mengoptimalkan Proses Pembuatan Konten
Kazee Summit 2024 benar- benar memberi banyak wawasan penting tentang AI yang bisa bikin wajah Creator Economy berubah. AI bisa bantu para kreator bekerja lebih efisien, bikin konten yang lebih menarik, dan berinteraksi dengan cara yang lebih personal. Tapi tetap harus dilakukan dengan memperhatikan etika, transparansi, dan tanggung jawab.
AI mungkin datang dengan tantangan, tapi ingat, di setiap tantangan pasti juga ada banyak peluang! Jadi, jangan pernah ketinggalan dan terus belajar ya supaya bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada khususnya teknologi yang cepat berkembang.