Bukan Cuma Informatif, Berikut 4 Manfaat Caption di Media Sosial
(Freepik/wayhomestudio)
Di media sosial, pasti banyak sekali konten yang bertebaran, itu artinya, orang-orang membutuhkan waktu yang sangat sedikit untuk bisa menarik perhatian mereka.
Nah, bukan cuman konten gambar atau video yang menarik untuk bikin mereka betah, melalui tulisan atau caption pun bisa menarik perhatian mereka.
Cocok untuk diterapkan pada brand dan influencer, berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan caption. IAM.ID sudah merangkumnya di bawah ini!
1. Menjelaskan maksud dari sebuah unggahan
Misalnya kita mengunggah sebuah konten di Instagram katakanlah, tanpa ada tulisan dan hanya gambar saja. Mungkin orang-orang bingung karena maksud dari unggahan ini apa.
Nah, dengan caption ini bisa menunjukkan atau mendeskripsikan sebuah konten di media sosial, baik gambar atau video.
Baca juga: 5 Cara Mudah Jualan di Instagram, Bisa Bantu Promosikan Produk
Memang setiap unggahan memerlukan penjelasan berupa kata-kata singkat. Tujuannya agar orang yang melihat bisa paham maksud dari gambar tersebut.
2. Berisikan pesan yang ingin disampaikan
Pesan yang ingin disampaikan influencer atau pemilik brand tidak melulu soal gambar atau video. Justru dengan caption inilah pesan bisa tersampaikan dengan baik.
Misalnya mengunggah konten perjuangan merintis usaha, selain gambar atau video yang menjelaskan hal tersebut, di caption bisa ditulis ucapan terima kasih kepada followers yang sudah membantu merintis usaha dan setia kepada brand tersebut.
Baca juga: Apa itu Fitur Collaboration di Instagram Beserta Manfaatnya
Maka, para followers bisa tahu maksud dari unggahan itu, dan pesan yang ingin disampaikan melekat dan terdeliver dengan baik.
3. Sarana interaksi dengan followers
Memang media sosial diciptakan untuk interaksi. Maka dari itu, dengan adanya caption ini kita bisa berinteraksi dengan orang yang banyak.
Manfaat caption ini bukan hanya menjelaskan sebuah unggahan, tetapi menjaring orang-orang untuk berdiskusi dan berbincang.
Baca juga: Bisa Jadi Strategi Promosi, Berikut 5 Manfaat Hashtag di Instagram
Apalagi, komentar yang banyak juga akan meningkatkan engagement dari sebuah unggahan nih SobatIAM. Berguna kan?
4. Kebutuhan bisnis
Bukan hanya interaksi dua arah, melalui caption juga pemilik brand bisa berpengaruh terhadap bisnis yang sedang dijalankan lho.
Melalui caption ini, tentu SobatIAM bisa memberikan penjelasan yang detail terhadap produk yang ditawarkan nih.
Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Engagement untuk Akun Instagram Sebuah Brand
Apalagi, pemilik brand bisa menjelaskan terkait tata cara pemesanan sebuah produk atau informasi mengenai hambatan yang sering dialami.
Ternyata caption di media sosial ini sangat berperan penting kan bagi pemilik brand? Maka dari itu, buatlah caption yang bisa menarik minat para followers sehingga mereka betah melihat konten yang kita buat.
Comments
No Comment yet