Biar Komunikasi Enak, Berikut 5 Cara Jitu Bangun Relasi dengan Influencer
(Freepik/wayhomestudio)
Jika sebuah brand ingin mengeluarkan produk baru, strategi awal untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas salah satunya dengan promosi. Tentu agar produk kita dikenal dengan meminta bantuan seorang influencer untuk mepromosikan.
Influencer atau KOL ini memiliki pengaruh yang jelas, yakni bisa merayu target audiens agar mau mencoba atau membeli produk yang kita jual.
Jika rekan brand belum pernah berkolaborasi dengan influencer, berikut iam.id rangkum beberapa cara dalam bangun relasi dengan influencer.
1. Jangan ragu untuk undang ke acara brand
Tahap awal untuk berkenalan dengan salah satu influencer yang bisa dilakukan adalah dengan mengundang influencer ke acara yang rekan brand buat.
Misalnya launching offline store terbaru atau pengeluaran produk baru. Upaya ini dilakukan agar masyarakat luas mau datang ke acara yang telah dibuat dan sekalian dipromosikan oleh influencer tersebut.
Setelah itu, jalinlah kedekatan dengan terus berkomunikasi baik saat ada launching lainnya atau sekedar mengirim produk.
2. Mengirim produk ke influencer
Pendekatan lainnya saat membangun relasi yakni mengirim produk. Hal ini jelas efektif, dan secara tidak langsung mengirim produk sebagai pembuka silaturahmi brand ke influencer tersebut.
Mintalah izin untuk mengirim produk dan jangan cemas jika produk yang kasih tidak direview. Asalkan silaturahmi tersampaikan, dijamin ketika ada campaign lainnya yang melibatkan influencer, mereka tidak ragu bekerja sama dengan brand karena sudah terbangun relasi sebelumnya.
3. Support influencer
Selayaknya teman dekat, relasi brand dengan influencer juga perlu dijaga. Brand bisa support pencapaian yang sudah dilalui oleh influencer, misalnya mengirim kado produk dan kirimi ucapan selamat.
Bukan cuma pencapaian saja, saat influencer ulang tahun pun bisa lho rekan brand mengirimi kado yang cantik berupa produk andalan, sekaligus ikut merayakan kebahagiaan yang dirasakan seorang influencer.
4. Jalin silaturahmi dengan ajak kerja sama
Alangkah lebih baiknya jika relasi yang dijalani berjalan dengan baik melalui kolaborasi antara brand dan influencer. Rekan brand jangan sungkan untuk mengajak kerja sama ya, biar menguntungkan kedua belah pihak.
Jika relasi sudah terbangun sebelumnya, saat mengajak kerja sama, influencer tersebut tidak ragu karena sudah saling kenal nih. Jaring relasi melalui kerja sama juga dijamin akan terus berlanjut di kemudian hari.
5. Update informasi terkait brand ke influencer
Jika punya hubungan yang erat dengan salah satu influencer, tidak ada salahnya juga untuk update info terkait brand ke influencer, apalagi menyangkut produk yang ditawarkan.
Misalnya saja ada launching produk baru, biarkan para influencer itu jadi orang pertama yang mencoba, pasti seneng banget sih kalau itu, karena mereka merasa diistimewakan karena tahu duluan produk yang akan segera launching.
Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa rekan brand ikuti jika ingin menjalin relasi dengan salah satu influencer. Jangan ragu untuk terus jalin relasi karena untuk mempromosikan sebuah produk diperlukan influencer agar sesuai target audiens yang ingin disasar.
Comments
No Comment yet