Berikut 5 Tren Bisnis di Tahun 2023 yang Mesti Diketahui!
(Pexels/fauxels)
Tren bisnis dan pemasaran yang serba cepat, mengharuskan pelaku usaha terus up to date terhadap tren yang berkembang. Apalagi bisnis sudah menghadapi tantangan besar dan telah mengalami banyak sekali perubahan selama beberapa tahun terakhir.
Ditambah lagi bisnis sudah menghadapi beberapa dampak lanjutan seperti efek pandemi, perkembangan teknologi bahkan invasi Rusia ke Ukraina.
Nah, berikut ini ada beberapa ulasan mengenai tren yang perlu dilakukan agar berdampak pada bisnis pada tahun 2023 mendatang. Simak baik-baik ya!
1. Percepatan transformasi digital
Seperti dilansir dari Forbes, pada tahun 2023, kita melihat banyak inovasi dan perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan atau AI, Internet of Things (IoT), virtual and augmented (VR/AR), blockchain dan jaringan super cepat yakni
5G.
Untuk mempersiapkan hal ini, bisnis harus memastikan mereka menanamkan teknologi yang tepat di seluruh proses mereka dan di setiap area operasi.
Dengan adanya teknologi yang pesat, penjualan dan pemasaran akan jaug lebih efektif, layanan pelanggan yang lebih baik, rantai pasokan yang lebih efisien, produk dan layanan yang lebih selaras dengan kebutuhan pelanggan, dan proses manufaktur yang disederhanakan semuanya bisa dilakukan.
Dan pada tahun 2023, semua itu akan lebih mudah mengaksesnya ketimbang dari tahunsebelumnya nih!
2. Memikirkan terkait inflasi dan rantai pasokan yang aman
Saat ini, banyak industri yang masih terganggu dengan masalah rantai pasokan, dan kian memburuk karena efek perang Rusia-Ukraina.
Dalam mengatasi hal tersebut dan tetap bertahan, perusahaan perlu meningkatkan ketahanan mereka dengan cara apapun yang mereka bisa. Seperti membangun langkah perlindungan ke dalam rantai pasokan untuk mengatasi kelangkaan dan kenaikan biaya logistik.
Dengan begitu, mereka dapat mencari cara untuk mengurangi risiko tersebut, seperti pemasok alternatif dan menjadi lebih mandiri.
3. Pentingnya untuk keberlanjutan (sustainability)
Setiap bisnis membutuhkan rencana dengan tujuan dan kerangka waktu yang jelas tentang bagaimana mengurangi dampak negatif, dan kemudian rencana tersebut perlu didukung oleh rencana aksi yang solid.
Keberlanjutan ini penting untuk bisnis, apalagi untuk kepercayaan dan loyalitas para pelanggan yang bersumber pada kepuasan para pelanggan itu sendiri.
Jika keberlanjutan dipertahankan, maka akan meningkatnya rantai pasokan bisnis karena perusahaan besar dan pemerintah mulai mencari supplier yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.
4. Pengalaman pelanggan yang penting
Di tahun 2023, pelanggan mendambakan pengalaman di atas segalanya. Maka, penting untuk menggaet para ahli atau influencer untuk memperoleh rekomendasi yang personal dan berpengaruh.
Jika influencer bisa memengaruhi para calon pelanggan dan memberikan review jujur, maka tidak ada yang tidak mungkin calon pembeli pun percaya dan mencoba produk dari hasil ulasan yang dilakukan bukan?
5. Perusahaan yang menawarkan benefit lebih ke calon pegawai
Pengurangan karyawan di beberapa industri bisa dimanfaatkan oleh perusahaan yang ingin terus berkembang, jika perusahaan tertarik hire pekerja baru, maka perlu memberikan peluang karir yang lebih menarik.
Misalnya saja memberikan fleksibilitas kerja hybrid, dan lingkungan kerja serta budaya perusahaan yang menarik. Menawarkan orang-orang tersebut akan memberikan peluang berkelanjutan untuk tumbuh dan belajar, akan menjadi penting di tahun 2023.
Selain itu pada tahun depan, skill seperti kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi antarpribadi, kepemimpinan, dan kepedulian dan kasih sayang akan sangat dibutuhkan. Jadi persiapkan diri SobatIAM ya!
Nah, itu tadi beberapa tren yang bisa dilakukan dalam menghadapi perkembangan di dunia bisnis tahun 2023. Semoga dengan ulasan tadi bisa menambah wawasan dalam menjalani bisnis ke depannya ya SobatIAM!
Comments
No Comment yet