Bagaimana Cara Tahu Jam Posting di Instagram Efektif?
(Unsplash/Georgia de Lotz)
Setiap pemilik brand atau seorang influencer atau KOL sekalipun terkadang bingung jika sudah membuat konten Instagram mesti diunggah pukul berapa ya?
Tentu pemilihan jam ini sangat berpengaruh dan efektif, dan kebanyakan mereka menginginkan diunggah di jam-jam yang banyak penontonnya.
Nah, gimana ya cara tahu jam postingan di Instagram agar lebih efektif? Berikut IAM.ID merangkum informasinya di bawah ini.
1. Mengetahui siapa target audiensnya
Sebelum mengunggah konten, SobatIAM harus tahu dulu nih siapa target audiens yang ingin disasar. Mulai dari jenis kelaminnya apa, usianya berapa, waktu efektifnya kapan, tingkat pendidikan, hobi dan minat mereka.
Baca juga: 3 Faktor Konten yang Dibuat Memengaruhi Jangkauan Audiens di Instagram
Melalui informasi yang sudah dimiliki, bisa mempermudah memperkirakan kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk aktif di Instagram.
2. Identifikasi perilaku audiens
Dalam bisnis, mengamati perilaku audiens yang aktif di Instagram ini sangat penting lho, audiens bisa saja lebih aktif saat pagi hari, jam makan siang atau sore menjelang malam. Hal ini bukan pakeman pasti tentunya, bisa saja pagi hari mereka sedang berangkat ngantor, siang sedang santai karena makan siang dan sore waktunya pulang kantor, jadinya hanya malam hari waktu mereka buka Instagram.
Baca juga: Cara Kerja Algoritma Instagram Tahun 2023 yang Mesti Rekan Brand Tahu!
Cobalah untuk mencermati setiap detail dan kapan waktu yang pas untuk mengunggah konten agar sesuai dengan target audiens.
3. Konsisten dalam mengunggah konten
Bagaimana mau dilihat jika konten saja tidak terlalu konsisten dalam pembuatannya nih. Maka dari itu, SobatIAM perlu konsisten dalam pembuatan serta mengunggah konten. Mengunggah konten secara rutin ini bisa dengan mudah meningkatkan brand awareness sebuah brand dan menghadirkan konten-konten yang disukai oleh audiens seperti apa.
Baca juga: Cara Membuat Akun Centang Biru di Instagram Beserta Manfaatnya
Dari sana kita bisa tahu konten seperti apa yang mereka sukai, kapan waktu yang tepat unggah konten dan gimana cara kita menyikapi pertanyaan dan masukan dari audiens biar mereka betah dengan konten yang kita buat.
4. Menganalisa unggahan
Setiap konten yang sudah dipublikasikan jangan dibiarkan gitu aja nih, cobalah untuk menganalisanya dengan cermat. SobatIAM bisa melihatnya di insight Instagram. Di sana ada beberapa metrik yang menunjukkan pengikutnya siapa, asal kota, gender, bahkan jam unggahan yang paling banyak dilihat per harinya nih. Tentu, menganalisa setiap konten yang baru diunggah sebelumnya pun perlu, sehingga bisa mengevaluasi di konten berikutnya dan mendapatkan engagement yang tinggi.
Baca juga: Persyaratan Agar Akun Brand atau Influencer Mendapatkan Centang Biru di Instagram
Dari pemaparan di atas, sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten? Memang setiap akun berbeda-beda, maka dari itu perlu cermat dan menganalisa dengan seksama agar memiliki engagement yang tinggi dan sesuai dengan target audiens yang diinginkan.
Comments
No Comment yet