Apa Itu Brand Awareness, dan Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha
(Freepik/rawpixel.com)
Setiap orang yang memiliki usaha, pasti ingin usahanya dikenal banyak orang. Karena dengan dikenal banyak orang, SobatIAM bisa menawarkan produk unggulan untuk digunakan.
Tentu, semua orang ingin bisnisnya terkenal dan banyak melakukan pembelian. Namun yang menjadi masalah di awal, bagaimana caranya agar bisnis kita dikenal dan diingat oleh orang lain?
Nah, untuk menjawab hal tersebut, SobatIAM perlu tahu apa itu brand awareness.
Simak beberapa penjelasan yang sudah iam.id rangkum di bawah ini ya!
1. Apa itu brand awareness?
Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali bahkan mengingat suatu merek hanya dengan melihat baik logo, image, tagline yang menggambarkan identitas sebuah brand tersebut.
Baca juga: Siap-Siap! Berikut 5 Tren Influencer Marketing yang Perlu Brand Tahu
Mungkin SobatIAM di jalan melihat logo huruf “M” berwarna kuning, pasti sudah familiar bahwa itu adalah restoran cepat saji Mc Donalds. Lebih sederhananya, itu yang disebut sebagai brand awareness.
Apakah ini penting bagi konsumen? Tentu penting, karena konsumen bisa mengenali dan mengingat suatu merek menjadi faktor utama yang menentukan pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian, karena familiar di ingatan.
2. Tujuan adanya brand awareness
Sebelum dikenal, pemilik brand tentu perlu melakukan branding agar produk atau brand yang ada memberikan makna dan memberikan kesan baik di ingatan masyarakat.
Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui banyak cara. Seperti contohnya jika ingin membeli air mineral, pasti yang teringat satu merek yang melekat di ingatan SobatIAM.
Baca juga: Rekan Brand Harus Tahu, Ini Dia 5 Tantangan Memanfaatkan Influencer Marketing
Semakin kuat image yang diciptakan, maka semakin kuat juga kesadaran konsumen akan merek tersebut. Ketika sudah loyal terhadap satu merk, mereka akan mempromosikan produk yang ia pakai ke orang lain tanpa perlu diminta.
3. Manfaat brand awareness bagi pelaku bisnis
Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa banyak sekali manfaat yang didapat jika menerapkan brand awareness, salah satunya yakni meningkatkan kesadaran di masyarakat.
Baca juga: Panduan untuk Brand dalam Membuat Campaign melalui Dashboard IAM.id
SobatIAM cobalah untuk membuat iklan promosi yang unik sehingga merek tersebut diingat terus. Karena jika sudah melekat, ke mana pun konsumen pergi, yang dipilih pasti merek SobatIAM bukan brand kompetitor.
Selain itu, dengan melekatnya merek SobatIAM, bisa menarik pelanggan baru karena bisa dipromosikan lewat mulut ke mulut atau word of mouth.
Jika sudah sering dibicarakan, maka tentu akan meningkatkan nilai jual sebuah brand. Asalkan dibarengi juga dengan produk yang berkualitas dan memberikan penawaran menarik.
Kepercayaan konsumen akan sebuah brand tentu dipengaruhi oleh brand awareness juga nih SobatIAM. Maka dari itu, penting dalam melakukan brand dengan dibarengi kualitas produk yang dibutuhkan target audiens.
Comments
No Comment yet