7 Ide Campaign yang Bisa Menarik Minat Konsumen!
(Unsplash/Melanie Deziel)
Setiap campaign yang dibuat oleh brand, hasilnya memang berbeda-beda, tergantung tujuan yang ingin dicapai itu apa.
Ada yang memang ingin meningkatkan awareness, ada yang langsung menambah penjualan dan lain sebagainya. Apapun konten campaign yang dibuat, pastinya akan berpengaruh besar kepada audiens dan sebagai bentuk investasi juga nih!
Berikut ini beberapa contoh campaign yang bisa ditiru oleh rekan brand semua. IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini!
1. Campaign Edukasi
Berisi konten edukasi terkait bisnis atau brand yang dimiliki. Konten edukasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada audiens seputar produk atau jasa yang tengah dijalankan.
Campaign ini cocok dipilih jika SobatIAM ingin meningkatkan awareness sekaligus mendorong penjualan. Contohnya campaign dari Instagram Halodoc, membahas seputar kesehatan dan layanan konsultasi.
2. Campaign Promo
Menawarkan promosi untuk produk atau jasa yang dimiliki. Pastinya orang-orang akan tertarik dengan suatu penawaran yang menguntungkan mereka.
Baca juga: Gimana Caranya Mengukur Keberhasilan Campaign yang Dijalankan Influencer?
Sebagai contoh membuat konten diskon, bonus pembelian dan lainnya, untuk mengundang minat pelanggan lama dan baru.
3. Campaign Influencer
Selain campaign yang dibuat sendiri, konten campaign influencer juga sangat efektif meningkatkan awareness, dan juga bisa mendatangkan audiens baru yang tertarik sama produk kamu nih.
Baca juga: 5 Cara Campaign yang Dijalankan Influencer Jadi Lebih Efektif
Jika menggunakan campaign ini, SobatIAM harus cermat dalam memilih influencer yang sama niche nya dengan produk atau brand dan siapkan budget yang ada.
4. Campaign Giveaway atau Sayembara
Konten bagi-bagi hadiah merupakan konten yang works nih, konten ini juga kamu bisa mengarahkan audiens untuk melakukan suatu tindakan.
Misalnya jika ingin mengikuti campaign giveaway harus follow akun dan bagikan di media sosial masing-masing. Sehingga orang-orang akan tahu bisnis kita.
5. User Generated Content (UGC)
Konten UGC adalah jenis konten yang bisa dibuat baik itu tulisan, foto, video atau lainnya yang khusus dibuat konten.
Baca juga: Cara Mudah Influencer Menjalankan Campaign di IAM.id
Campaign ini bertujuan untuk memberikan kesan asli dan tidak dibuat-buat dari para pelanggan.
6. Testimoni
Campaign selanjutnya yakni testimoni yang berisi respon-respon positif dari para pelanggan yang sudah menggunakan produk yang dimiliki.
Dengan menampilkan ulasan positif ini, maka bisa melawan keraguan calon konsumen lainnya untuk membeli. Sangat manjur bukan untuk menggaet orang?
7. Campaign Launching Produk
Memanfaatkan launching produk untuk campaign ini bisa jadi momen yang pas untuk meningkatkan awareness konsumen nih.
SobatIAM bisa memberikan promo atau diskon saat launching campaign ini. Misalnya diskon pelanggan yang beli lebih dari 1 produk atau diskon 30% untuk 10 pembeli pertama.
Nah, dari semua ide campaign di atas, mana nih yang pernah atau akan dilakukan oleh SobatIAM? Tentunya apapun pilihannya, pasti manjur deh untuk meningkatkan awareness sebuah brand.