5 Trend Strategi Influencer Marketing Tahun 2024 Untuk Brand
Mengikuti tren pemasaran influencer baru adalah penting untuk strategi inovatif. Melalui pemanfaatan platform baru dan ide kreatif akan membantu memaksimalkan pengaruh yang ada. Ada pergeseran dalam strategi pemasaran influencer dimana kemitraan jangka Panjang menjadi fokus utama karena mampu menciptakan hubungan yang lebih otentik antara influencer dan audiensnya. Oleh karena itu, mulai menggunakan pemasaran influencer pada tahun 2024 akan menjadi langkah yang bijaksana.
Namun sebelum melakukannya, simak dulu 5 trend influencer marketing tahun 2024 yang telah dirangkum oleh IAM.id berikut ini:
1. Keaslian
Tren pemasaran influencer saat ini sangat menuntut keaslian karena diketahui bahwa hampir 90% konsumen saat ini tidak mempercayai influencer sehingga membangun kepercayaan konsumen menjadi prioritas utama. Strategi nano dan mikro mulai popular karena kemampuannya menargetkan audiens khusus dalam skala lebih kecil. Ini merupakan salah satu cara untuk dapat lebih menunjukan keaslian dan konten otentik selain tuntutan atas kejujuran dan transparansi dari influencer.
Baca juga: Tips Brand dan Influencer Menghadapi Awal Tahun 2024
(sumber: freepik)
2. Podcast
Salah satu keuntungan yang didapat dari melakukan podcast adalah karena banyak orang berpendapat bahwa konten podcast mampu menyediakan cara yang nyaman untuk mengonsumsi suatu informasi. Melakukan podcast Bersama influencer yang sudah memiliki podcast dan memiliki visi misi yang sejalan dengan brand akan membantu dalam menjalankan strategi influencer marketing yang efektif. Menjalin kerjasama dengan influencer podcast akan menghubungkan brand dengan target audiens yang sesuai serta memperluas jaringan.
3. User Generated Content (UGC)
UGC merupakan konten yang dibuat oleh pengguna atau penggemar suatu brand atau seorang influencer yang biasanya berwujud sebagai respon atas sebuah konten yang diajukan brand/ influencer tersebut. UGC dapat berupa komentar teks, foto, video, review, dan masih banyak lagi. Salah satu cara memanfaatkan UGC adalah dengan mengadakan kontes yang melibatkan audiens atau meminta audiens untuk menyertakan tag brand dalam konten mereka sehingga brand dapat membagikan ulasan dan pengalaman positif dari pengguna.
4. Konten Video
Saat ini konten video merupakan tren pemasaran digital yang mendominasi. Untungnya, pemilik brand tidak perlu membuat video yang mahal dan rumit, yang penting adalah kualitas konten dan bagaimana menghubungkannya dengan audiens. Penting juga mengoptimalkan konten video dengan kata kunci relevan dan hashtag yang akan meningkatkan visibilitas sebuah konten di media sosial dan mesin pencari. Jangan lupa untuk mempromosikan video melalui berbagai saluran pemasaran, lalu manfaatkan komentar dan fitur live streaming untuk membangun hubungan lebih dekat dengan pengguna dan meningkatkan keterlibatan mereka.
Baca juga: 5 Miskonsepsi Content Creator yang Paling Sering Terjadi di Instagram di Tahun 2023
5. Live Shopping
Dengan memanfaatkan fitur live shopping atau belanja langsung, pengguna dapat melihat produk atau layanan dalam aksi langsung, mendapatkan informasi langsung dari influencer, dan membeli barang dengan mudah. Ini merupakan cara efektif untuk meningkatkan penjualan dengan menggabungkan elemen- elemen pemasaran influencer dan e-niaga. Dengan memberikan diskon eksklusif dan membangun rasa urgensi, belanja langsung dapat menjadi tren pemasaran influencer teratas dan memberikan pengalaman belanja yang interaktif bagi pengikut.
Nah itu dia 5 trend influencer marketing untuk brand di tahun 2024.
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya, baca terus kumpulan artikel tentang tips influencer dan brand di sini ya!