5 Tips Membangun Brand Awarenss untuk Pelaku Bisnis
(Freepik/Waewkidja)
Brand awarenss atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen mengenali atau mengingat suatu brand, produk atau jasa yang ditawarkan.
Tentu, brand awareness ini memiliki banyak manfaat dari segi penjualan bahkan brand itu sendiri. Maka dari itu, penting untuk menerapkan ini di usaha yang sedang dikelola oleh SobatIAM nih!
Berikut beberapa tips dalam membangun brand awareness yang bisa dicoba. Simak sampai habis ya!
1. Buat logo atau tagline yang menarik
Ketika ingin dikenal atau diingat orang, tentu perlu ciri khas dari sebuah brand itu sendiri, termasuk membuat logo dan tagline yang menarik.
Buatlah logo yang beda dan unik untuk meningkatkan brand yang ada dalam satu kali tatap. Buatlah juga tagline sederhana namun sering diingat. Misalnya tagline Teh Botol Sosro seperti “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”
Baca juga: Membanggakan! IAM.id Masuk 10 Besar Finalis Pahlawan Digital UMKM 2022
Pemilihan kata-kata juga tidak boleh asal-asalan ya, karena bisa merusak reputasi merek, pilihlah kata yang mewakili merek dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.
2. Turut aktif di media sosial
Agar terus diingat, branding juga perlu dilakukan melalui media sosial, alasannya cukup sederhana, karena masyarakat Indonesia hampir seluruhnya menggunakan medsos, baik Instagram, Facebook, TikTok dan Twitter.
Media sosial berfungsi untuk menjangkau target audiens, bahkan calon konsumen baru sehingga bisa mengenalkan produk unggulan dan menjadi solusi permasalahan konsumen.
Baca juga: Panduan Singkat Fungsi Fitur Analytics IAM Influencer untuk Rekan Brand
Biar cepat dikenal oleh target pasar, gunakan juga fitur iklan atau ads di media sosial. Selain itu, brand awareness juga bisa ditingkatkan dengan berkolaborasi melalui influencer.
3. Buat website yang menarik
Jika ingin branding, tentu perlu memperhatikan website yang sedang dikelola. Website ini menjadi penting bagi target audiens, karena mereka bisa mencari informasi yang berguna.
Bangunlah website yang terus dikelola dan menyediakan informasi mengenai informasi produk, jasa yang ditawarkan agar pelanggan tertarik mengunjungi website.
Baca juga: Cara Mudah Influencer Menjalankan Campaign di IAM.id
Buatlah sebuah artikel yang sesuai dengan niche brand dan memberikan informasi yang relevan untuk dibaca mereka. Sekaligus sebagai edukasi dan mengarahkan konsumen untuk melakukan pembelian.
4. Ikuti event yang berlangsung
Misalnya SobatIAM memiliki sebuah brand clothing, jika sudah memasarkan di media sosial, agar terus diingat jangan lupa juga berpartisipasi dalam sebuah event.
Misalnya ada event tahunan clothing se Indonesia, nah, SobatIAM perlu berpartisipasi, karena banyak orang yang berkumpul dan pastinya akan melihat brand tersebut.
Di sana, pelaku usaha bisa mempromosikan produk unggulan, membangun relasi sekaligus berkenalan secara langsung dengan brand tersebut.
5. Berkolaborasi dengan influencer
Sejatinya memang influencer memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan konsumen apakah perlu membeli produk tersebut atau tidak.
Melalui kerja sama dengan influencer yang memiliki pengikut banyak, biasanya orang-orang akan melihat rujukan dari seorang influencer sebelum pembelian. Influencer di sini bisa dipercaya dalam mempromosikan produk.
Influencer juga bisa menjelaskan secara mendalam terkait kegunaan, manfaat bahkan keunggulan produk yang tengah ia promosikan, sehingga brand tersebut bisa dikenal orang banyak.
Nah, itu tadi beberapa tips dalam membangun brand awareness, menggunakan jasa influencer bisa jadi salah satu opsi lho, karena harganya terjangkau dan bisa menyasar target audiens dengan mudah dan sesuai niche. Sudah berkolaborasi dengan influencer belum nih?
Jika belum, IAM Influencer, salah satu platform influencer bisa membantu rekan brand dalam pembuatan campaign bahkan mencari influencer yang tepat untuk bisnis yang sedang dibangun. Kunjungi website di IAM.id untuk informasi lengkapnya ya!
Comments
No Comment yet