5 Cara Agar Konten Instagram Influencer dan Brand Lebih Optimal
(Unsplash/Kate Torline)
Kita semua pasti sudah tahu bahwa mengunggah konten secara konsisten di Instagram akan menambah engagement bahkan kepercayaan dari para pengikut akun kita.
Namun yang jadi masalah konsisten sih konsisten, namun apakah konten tersebut berpengaruh dan optimal bagi target audiens yang ada?
Jika belum merasa konten atau postingan tadi belum optimal, yuk simak beberapa cara yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini!
1. Bikin konsep konten
Sebelum mengunggah konten, alangkah baiknya SobatIAM punya konsep yang bisa jadi patokan atau arahan dalam pembuatan konten.
Misalnya konten harus ada setiap harinya, mulai dari Senin hingga Jumat. Nah, jenis konten di tiap harinya pasti berbeda-beda bukan?
Baca juga: Bukan Asal Nulis, Berikut 7 Jenis Copywriting yang Bisa Diterapkan untuk Bisnis
SobatIAM bisa memasukkan konten kreatif di hari Senin, konten yang soft-selling di hari Selasa, Rabu dan Kamis konten internal dan seterusnya. Hal ini akan membantu dalam perencanaan yang lebih matang, sehingga goals yang akan dituju menjadi jelas ya.
2. Buatlah konten yang inovatif dan kreatif
Ada banyak contoh konten yang bikin audiens tertarik bahkan betah untuk melihatnya, yakni konten humor yang kreatif atau inovatif lainnya.
Nah, agar konten yang dibuat bisa optimal, misalnya untuk kebutuhan brand, cobalah untuk buat konten foto produk dengan background alam sesuai tema produknya.
Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video bagi Influencer
Bisa juga membuat video promosi produk baru dengan video yang menarik dengan kata-kata yang persuasif. Jangan lupa jelaskan semua kelebihan dan deskripsinya di caption ya biar audiens tidak bingung.
3. Menambahkan hashtag
Karena banyak akun yang difollow oleh pengguna Instagram, itu artinya mereka punya waktu yang relatif sedikit untuk melihat seluruh konten yang ada.
Menggunakan hashtag jadi salah satu cara agar konten lebih optimal dan dilirik oleh orang banyak. Pasalnya, tagar ini membantu mencari unggahan yang relate dengan apa yang mereka cari.
Baca juga: 4 Tips Mencari Ide Konten untuk Influencer Pemula
Misalnya SobatIAM menjual produk baju, maka bisa sematkan tagar yang relate seperti #bajuperempuan #outfitoftheday #dressmurah dan masih banyak lagi.
4. Jangan alergi dengan tren yang ada
Di media sosial, tren sangat cepat berganti, itu artinya SobatIAM harus adaptif terhadap tren yang ada nih!
Misalnya sedang tren konten mix and match pakaian sesuai film yang sedang hits, maka cobalah untuk membuatnya bagi influencer fashion.
Baca juga: Kenali 4 Manfaat Mengunggah Konten Instagram Story untuk Kebutuhan Bisnis
Apalagi dengan mengikuti tren yang ada, akan membuat viewers menjadi lebih banyak dan tertarik menontonnya sampai akhir lho. Pasti banyak calon konsumen yang melihat konten kita nih!
5. Jangan lupa memonitor konten dan mengevaluasinya
Nah, setelah step di atas tadi selesai dilakukan, konten yang ada jangan dianggurin aja nih, cobalah untuk dianalisa dan dievaluasi apa yang kurang dan mana yang perlu ditingkatkan Kembali.
Kita bisa mengukurnya dari insight Instagram. Di sana terdapat beberapa indikator atau metrik berupa like, comment, share, save bahkan views postingan.
Jika ada konten yang memiliki daya jelajah sedikit, like yang minim maka perlu dievaluasi dan ditingkatkan sesuai dengan minat para target audiens.
Itu tadi beberapa tips agar konten di Instagram kita lebih optimal dan mendatangkan banyak pengunjung ke akun kita nih. Jangan lupa untuk evaluasi konten yang ada, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi banyak orang ya!
Comments
No Comment yet