4 Tips dan Trik Memanfaatkan Pinterest Untuk Website Bisnis dan Blog
Sebelumnya Pinterest seringkali digunakan untuk mencari inspirasi seputar resep, art, dekorasi, dan ide gambar menarik lainnya. Kini, Pinterest telah menjadi platform unggulan yang menarik banyak pengguna karena manfaatnya lebih dari sekedar tempat mencari inspirasi, tapi juga berguna bagi bisnis.
Dilansir dari Socialpilot, Pinterest merupakan salah satu platform media sosial yang mendatangkan 33% lebih banyak lalu lintas rujukan ke situs web dibandingkan Facebook.
(Sumber: Freepik)
Berikut IAM.id rangkum 4 tips dan trik yang bisa dicoba dalam menggunakan Pinterest sebagai sumber lalu lintas yang merujuk ke web bisnis.
Baca juga: 8 Tools Google yang Wajib Diketahui Pemilik Bisnis
1. Buat Papan Web di Pinterest
Papan Pinterest merupakan wajah yang menggambarkan seluruh isi dari web yang membantu pengguna lain agar lebih mudah menemukan postingan terkait web yang dimaksud. Kiat yang dibutuhkan dalam membuat papan web di Pinterest adalah dengan memilih nama yang menarik sesuai dengan tema web/ blog yang dimiliki. Setelah itu, buat lebih banyak bagian di dalamnya dan sertakan juga kata kunci ke nama papan agar lebih mudah dicari.
2. Optimalkan Deskripsi Gambar
Walaupun Pinterest merupakan platform media sosial visual, namun tetap dibutuhkan strategi SEO untuk membuat sebuah konten Pinterest menjadi konten yang direkomendasikan oleh platform.
3. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi dan Tampilkan Visual yang Konsisten
Gambar dengan kualitas tinggi lagi- lagi menjadi hal utama dalam membuat konten yang disukai banyak audiens. Karena audiens pasti lebih menyukai profil yang terlihat professional dan menarik salah satunya juga bisa dilakukan dengan mengadopsi gaya visual yang konsisten untuk mempertahankan identitas brand pada platform.
Baca juga: Rekomendasi 5 Channel Youtube Untuk Belajar Digital Marketing
4. Aktif berpartisipasi dalam komunitas
Seperti halnya dalam media sosial lainnya yang mengedepankan hubungan sosial, begitu juga dengan Pinterest. Untuk membantu platform dalam merekomendasikan konten kepada pengguna lain, maka aktif dalam hubungan dengan audiens adalah salah satu kuncinya. Logikanya, semakin sering suatu akun terlibat dengan orang lain, maka semakin besar juga kemungkinan mereka akan terlibat sehingga hal ini juga bisa meningkatkan brand awareness atas web bisnis atau blog. Selain itu, menyematkan konten relevan lain juga bisa meningkatkan ketertarikan audiens lho!
Nah itu dia 4 tips dan trik yang bisa sobat IAM coba untuk membuat traffic blog atau website bisnis-mu melejit. Mempelajari platform berbagai media sosial memang salah satu kunci penting untuk melebarkan sayap bisnismu di era digital sekarang ini.
Jangan lupa update terus berbagai informasi seputar Brand/ Product Review di sini ya!
Sumber:
Comments
No Comment yet