4 Alasan Penting Kenapa Key Opinion Leader Berpengaruh bagi Sebuah Brand
(Freepik/marymarkevick)
Pasti pernah nih SobatIAM lihat sebuah brand yang “diendorse” seorang Key Opinion Leader (KOL) karena mereka merupakan ahlinya di industri atau profesi tersebut.
Tak jarang brand perlu mengeluarkan kocek yang tidak sedikit lho, pasalnya KOL ini bisa sangat berpengaruh terhadap pembelian, apalagi kedudukan dan opini mereka valid dan bisa dipertanggung jawabkan nih.
Mari sama-sama mengenal beberapa alasan kenapa KOL ini sangat berpengaruh terhadap sebuah brand atau perusahaan.
IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini!
1. Bisa memperkuat brand awareness
Melalui kerja sama dengan KOL, produk atau brand yang dimiliki oleh SobatIAM bisa dikenal secara luas lho, sehingga bisa menciptakan brand awareness yang mencakup kalangan di luar target audiens juga.
Memang secara efeknya tidak langsung dirasakan ke penjualan, misalnya setelah bekerja sama dengan KOL atau influencer di hari itu juga penjualan naik.
Baca juga: Cara Memilih Influencer atau KOL yang Tepat untuk Endorsement
Namun ini bisa jadi strategi jangka panjang, karena promosi yang dilakukan tersebut bisa berpotensi terhadap pembelian produk di masa yang akan datang nih.
2. Menjangkau konsumen yang luas
Biasanya rekan brand akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk iklan di berbagai medium, agar produk bisa lebih dikenal.
Keunikan bekerja sama dengan KOL ini bisa dengan mudah menyasar target audiens yang ideal lho. Misalnya punya produk air mineral sehat, dan menggandeng seorang dokter ternama, secara tidak langsung orang yang tahu KOL tersebut bisa mengetahui produk yang KOL tadi iklankan.
Baca juga: 5 Contoh Konten Negatif yang Tidak Boleh Influencer dan KOL Buat!
Bukan hanya menjangkau target audiens yang sudah ada, dengan KOL pun bisa menjangkau audiens secara luas. Sangat bermanfaat bukan?
3. Produk yang ditawarkan lebih unggul
Mengapa bisa disebut produk yang menggandeng KOL lebih unggul, karena KOL sangat berdampak positif pada brand, karena sifat KOL ini profesional, maka orang-orang tak akan ragu menggunakan produk rekomendasi KOL tadi.
Menggaet seorang KOL juga bisa jadi solusi yang tepat jika SobatIAM “bermain” dengan produk yang banyak pemainnya, atau kompetitornya nih!
Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Berkolaborasi dengan Influencer
Dengan bantuan KOL ini bisa mendorong ribuan atau bahkan jutaan orang untuk membeli produk SobatIAM ketimbang produk kompetitor yang tidak menggunakan jasa KOL.
4. Kredibilitas brand akan terangkat
Menggaet seorang KOL berarti memikirkan jangka panjang yang bisa dilakukan sebuah brand, karena pertumbuhannya akan dirasakan secara maksimal nih.
Jika mempromosikan sebuah produk melalui KOL, maka secara tidak langsung audiens akan menganggap sesuatu yang bernilai positif dan memperbesar peluang untuk diikuti oleh mereka.
Baca juga: Kenali Ciri-Ciri dan Perbedaan antara Content Creator, Influencer dan KOL
Inilah pentingnya bekerja sama dengan seorang KOL, karena bisa meningkatkan kredibilitas untuk sebuah brand. Menarik bukan?
Memang tidak sedikit kocek yang perlu dikeluarkan untuk menggaet seorang KOL ini, namun hasil yang didapatkan setimpal kok dengan pengeluaran yang sudah dilakukan. Jika bisnis SobatIAM sudah bertumbuh pesat, bekerja sama dengan KOL menjadi kesempatan tersendiri yang bisa diambil nih!
Comments
No Comment yet