Siap Kembali Viral? Simak 6 Perubahan Algoritma Instagram di Tahun 2024
Buat sobat IAM yang baru mulai dan berniat ingin fokus menjadi content creator maupun influencer, harus mempelajari bagaimana algoritma Instagram bekerja. Seiring dengan berkembangnya dunia digital dan persaingan antar platform media sosial yang semakin ketat, maka baik influencer, brand maupun marketing manajer harus update juga seputar tren yang terjadi termasuk perubahan algoritma Instagram.
Baca juga: 6 Tren Platform Media Sosial 2024 yang Harus Kamu Ketahui
(sumber: freepik)
Untuk itu, berikut IAM.id rangkum 6 perubahan algoritma Instagram yang bisa sobat IAM implementasikan di tahun 2024.
1. Caption Menjadi Sangat Penting
Jika sebelumnya caption tidak begitu penting di Instagram, maka kini teks caption dalam konten di Instagram menjadi hal yang sangat krusial. Dengan caption yang tepat, konten dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna Instagram bahkan bisa mendapat tempat untuk diprioritaskan dan direkomendasikan oleh instagram. Caption merupakan teks pendek yang menyertai konten gambar atau video dan menghubungkannya dengan kata kunci terkait.
2. Kata Kunci SEO Berpengaruh Besar
Kata kunci SEO merupakan istilah yang merujuk pada frasa atau kata yang digunakan dalam konten agar direkomendasikan oleh instagram. Penting untuk menggunakan kata kunci yang relevan dan popular agar konten yang dibuat muncul di hasil pencarian dan meningkatkan visibilitas akun Instagram.
3. Gunakan Format Konten yang Beragam
Jika sebelumnya reels di Instagram menjadi yang paling diprioritaskan untuk direkomendasikan Instagram ke pengguna lainnya, kini format konten selain reel juga bisa mendapat tempat. Format konten lain yaitu seperti carousel dan single image juga memiliki peluang yang sama untuk bisa viral.
Baca juga: 5 Trend Strategi Influencer Marketing Tahun 2024 Untuk Brand
4. Kolaborasi Membantu Menjangkau Banyak Audiens
Melakukan kolaborasi dengan sesama influencer merupakan cara yang kini marak dilakukan untuk saling menambah jumlah pengikut. Apalagi Instagram mendukungnya dengan fitur kolaborasi yang terdapat dalam setiap format konten sehingga konten mampu menjangkau view dan audiens yang lebih besar.
5. Fokus Membangun Komunitas
Sebelumnya, baik influencer, brand, konten creator maupun penggiat sosial media lainnya hanya fokus menumbuhkan follower. Kini Instagram memiliki fitur broadcast channel yang mengizinkan pengguna untuk menyampaikan pesan ke semua pengikutnya sekaligus dalam sebuah channel atau grup chat. Hal ini memberikan sisi praktis untuk membangun keterlibatan yang lebih dalam antara influencer dengan pengikutnya.
6. Saves dan Shares Merupakan Metrik Pertumbuhan
Jika sebelumnya jumlah likes menjadi patokan utama atas keberhasilan suatu konten, sekarang jumlah saves dan shares lah yang menjadi salah satu indikator utama sebuah konten dikatakan sukses untuk mendapat prioritas dan direkomdasikan oleh Instagram ke pengguna lain.
Baca juga: Tips Brand dan Influencer Menghadapi Awal Tahun 2024
Nah itu dia 6 perubahan algoritma Instagram yang bisa sobat IAM aplikasikan di tahun 2024!
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Tips Influencer di sini ya!
Comments
No Comment yet