Selain Multitasking, Berikut ini 4 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Content Strategist
(Unsplash/Firmbee.com)
Nah, sebelumnya SobatIAM sudah tahu kan apa itu posisi content strategist dan mereka melakukan pekerjaan apa saja sih?
Sebagai seorang pembuat dan perencana konten untuk sebuah perusahaan atau perseorangan, tentu perlu skill yang mumpuni agar konten yang mereka buat bisa dilirik orang banyak dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Berikut ini beberapa skill yang harus dimiliki seorang content strategist, IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini.
1. Kemampuan multitasking
Memang handle konten itu tidak mudah lho, maka dari itu, penting bagi mereka memiliki skill multitasking, atau segala hal bisa mereka lakukan.
Contohnya saja seorang content strategist harus bisa mempersiapkan kalender editorial, membuat strategi konten yang tepat dan menganalisis konten tersebut.
Jadinya memang mereka di posisi ini harus bekerja sama dengan banyak orang dari divisi berbeda seperti seorang desainer, copywriter, editor video bahkan digital strategist.
Baca juga: 5 Contoh Konten Negatif yang Tidak Boleh Influencer dan KOL Buat!
Tanpa adanya skill multitasking ini akan seorang constrat akan mengalami kebingungan untuk menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan.
2. Berpikir analitis
Dalam pembuatan konten, tentu bukan modal melihat tren yang sedang hype saja nih yang perlu diikuti dan dipelajari, namun perlu juga tools yang bisa membantu untuk mengumpulkan data.
Seorang content strategist harus tahu dan paham tentunya bagaimana cara mengolah data, selain itu didukung dengan pola-pola atau tren yang bisa digunakan untuk strategi content marketing.
Baca juga: Kenali 4 Manfaat Mengunggah Konten Instagram Story untuk Kebutuhan Bisnis
Sebagai contoh, SobatIAM sedang mencari tahu konten mana saja yang menarik target audiens dan platform mana saja nih yang berpotensi memberikan banyak tanggapan.
3. Memahami cara membuat konten yang menarik
Namanya orang konten pastinya harus paham dan tau bikin konten yang menarik tentunya. Jadi, saat punya ide konten yang menarik dan powerfull, maka harus bisa mempresentasikannya kepada audiens dengan cermat.
Apalagi membuat konten yang bisa mendapatkan perhatian dari target audiens ini bukan hal yang mudah lho, sebelumnya seorang constrat harus melakukan riset terlebih dahulu dan menganalisa banyak data.
Baca juga: 3 Faktor Konten yang Dibuat Memengaruhi Jangkauan Audiens di Instagram
Dengan begitu, riset yang sudah dilakukan dengan tahapan yang panjang dan memakan waktu, akan menghasilkan konten yang berkualitas juga.
4. Kemampuan copywriting yang baik
Bukan hanya berhubungan dengan konten, seorang content strategist juga mesti memiliki skill menulis yang mumpuni nih.
Apalagi proses menulis ini menjadi bagian terpenting dari pemasaran konten, jadinya copywriting yang baik akan sangat membantu proses kerja seorang constrat nih.
Baca juga: 4 Tips Biar Konten Influencer Masuk Explore Instagram
Dengan mempelajari atau memiliki kemampuan copywriting akan membantu dalam proses perencanaan, pembuatan dan pengeditan sebuah konten.
Jika tidak punya kemampuan tersebut dikhawatirkan akan kesulitan dalam membuat alur konten atau campaign yang baik.
Apalagi dengan tulisan ini tentu akan lebih mudah menyampaikan sebuah pesan oleh brand atau perseorangan dan bisa diterima oleh khalayak umum.
Ternyata tidak mudah nih menjadi seorang content strategist, namun jika memang SobatIAM tertarik dengan posisi tersebut, jangan melupakan skill yang harus dimiliki di atas ya demi penunjang profesi, selamat mencoba!
Comments
No Comment yet