Punya Target yang Jelas, Kenali Apa Itu Scope of Work Influencer!
(Freepik/mdjaff)
Sebagai seorang influencer, tentunya pekerjaan yang dilakukan berkutat dengan konten, dekat dengan media sosial, bahkan memikirkan strategi promosi yang menarik.
Biasanya, seorang influencer yang dipekerjakan oleh sebuah brand akan diberi surat atau ketentuan kerja, atau scope of work.
Jika kamu sebagai influencer, SOW atau brief ini akan membantu selama bekerja. Mari sama-sama mengetahui apa itu scope of work influencer yang sudah IAM.ID rangkum.
Apa itu Scope of Work (SOW)?
Secara sederhana, scope of work adalah brief atau perjanjian kerja sama antara brand atau bisnis dengan seorang influencer.
Biasanya perjanjian tersebut bisa berisi instruksi, arahan dan panduan dalam mengerjakan suatu proyek bersama-sama nih.
Baca juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Di Rumah Bermodalkan Instagram!
SOW juga merupakan pondasi awal ketika brand ingin membuat campaign dan menjalin bekerjasama dengan influencer, artis maupun tokoh penting nih.
Apa Sih Tujuan Adanya Scope of Work Ini?
Dengan adanya SOW ini, tugas seorang influencer jadi lebih terarah, karena di dalamnya berisi tugas dan tanggung jawab kedua belah pihak secara spesifik, dan tentu harus mendapatkan persetujuan kedua belah pihak.
Hal ini tentunya penting untuk menghindari ketidakpastian, masalah, perselisihan dan ambiguitas keduanya. Bisa dibilang SOW ini memiliki fungsi yang sama dengan MoU.
Melalui SOW ini, bisa meminimalisir perdebatan mengenai anggaran atau biaya yang dikeluarkan dan kewajiban atau tugas yang perlu dipenuhi.
Ternyata seorang influencer tidak asal membuat konten dan dibayar saja nih. Agar lebih terarah dan terukur bisa dengan bantuan SOW ini, sehingga tahu ruang lingkup kerja dan goals yang akan dicapai.
Comments
No Comment yet